Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dan Ammann, Presiden GM Ambil Alih CEO Startup Mobil Swakemudi Cruise

Presiden General Motors Co. Dan Ammann akan mengambil alih posisi chief executive Cruise, unit mobil swakemudi milik perusahaan pembuat mobil tersebut.
General Motors/Reuters-Jeff Kowalsky
General Motors/Reuters-Jeff Kowalsky

Bisnis.com, DETROIT - Presiden General Motors Co. Dan Ammann akan mengambil alih posisi chief executive Cruise, unit mobil swakemudi milik perusahaan pembuat mobil tersebut.

Langkah Ammann, yang diumumkan oleh GM dan Cruise pada hari Kamis dan efektif per 1 Januari, menggarisbawahi tantangan yang dihadapi seiring tren mobilitas berbasis teknoligi digital, dan industri kecerdasan buatan.

Beberapa perusahaan di bidang ini a.l. Waymo, mengemudi unit mobil Alphabet Inc, atau Tesla Inc.

Co-founder Cruise, Kyle Vogt, yang telah menjadi chief executive perusahaan, akan menjadi presiden dan chief technology officer, GM dan Cruise mengatakan.

"Gelar CEO bukanlah hal yang paling penting bagi saya untuk sebuah misi mengembangkan kendaraan yang aman, dan swakemudi," Vogt mengatakan dalam sebuah wawancara Kamis.

Cruise memiliki nilai sekitar US$14,6 miliar - setara dengan 28% dari kapitalisasi pasar GM meskipun tidak ada pendapatan signifikan dan produk tidak siap untuk peluncuran komersial. Dana investasi teknologi Jepang SoftBank Group Corp dan produsen mobil Jepang Honda Motor Co menginvestasikan total US$5 miliar untuk saham minoritas terpisah di Cruise.

Ammann bergabung dengan GM pada 2010 dari Morgan Stanley, di mana ia adalah penasihat untuk restrukturisasi kebangkrutan yang dipimpin pemerintah GM pada 2009.

Ia menjadi presiden GM pada 2014 dan memimpin restrukturisasi luas operasi global yang termasuk penjualan unit Opel Eropa GM, perombakan bisnis GM Korea yang kehilangan uang dan, pada tahun 2016, akuisisi Cruise

TIDAK BIASA

Membawa eksekutif dengan pengalaman mengelola organisasi besar dan berurusan dengan Wall Street untuk menggantikan pendiri adalah langkah umum dalam industri teknologi. Namun, tidak biasa bagi seorang eksekutif puncak di produsen otomotif global untuk beralih ke startup teknologi kecil, bahkan yang didanai bersama seperti Cruise.

"Skala dari bisnis ini akan menjadi usaha besar," kata Ammann kepada Reuters. Analis telah berspekulasi bahwa GM akhirnya akan menjual saham di Cruise atau memutarnya.

Ammann mengatakan Cruise memiliki modal yang dibutuhkan untuk saat ini. "Kami akan memiliki banyak fleksibilitas dan peluang yang berbeda untuk meningkatkan modal," katanya. Ammann, 46, akan mengambil alih operasi yang berkembang pesat dan menghadapi hambatan teknis dan peraturan untuk mencapai tujuannya meluncurkan layanan robo-taxi pada akhir 2019. Vogt, 33, dan Ammann menegaskan kembali tujuan meluncurkan layanan perjalanan otomatis tahun depan.

"Dari sudut pandang teknis, kami memiliki saling berhadapan di mana diperlukan untuk peluncuran awal kami pada 2019," kata Vogt. "Ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan."

Sejak akuisisi GM, Cruise yang berbasis di San Francisco telah berkembang menjadi 1.000 karyawan dari 40, dan baru-baru ini mengumumkan rencana untuk memperluas operasi ke Seattle. Vogt dan Ammann mengatakan mereka berharap Cruise tumbuh secara substansial ketika meluncurkan layanan robo-taxi dan usaha lain yang dibangun di sekitar teknologi mengemudi otonomnya.

"Hari ini tidak ada yang memiliki mobil yang bisa dikemudikan sendiri, lebih baik daripada manusia dan bisa diproduksi dalam skala besar," kata Ammann. "Setelah itu ada ... kami akan berada dalam posisi yang sangat menarik dalam hal bagaimana kami mengubah itu menjadi bisnis."

Cruise telah berfokus pada pengembangan taksi otomatis untuk kota-kota. GM belum mengatakan di mana Cruise akan meluncurkan layanan robo-taxi, tetapi Ammann dan eksekutif lainnya telah mencatat bahwa Cruise melakukan sebagian besar pengujiannya di San Francisco.

Chief Executive GM Mary Barra, dalam sebuah pernyataan, menggambarkan langkah Ammann sebagai "langkah berikutnya menuju penyebaran komersial."

Dengan Ammann pindah ke Cruise, GM mengatakan bahwa para eksekutif yang menjalankan operasi mobil global GM dan unit Financial GM akan melapor ke Barra.

GM awal pekan ini mengumumkan rencana untuk memangkas 15.000 karyawan di Amerika Utara, termasuk pemotongan 25% di jajaran eksekutif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper