Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trump Akan Pelajari Tarif Baru Mobil Impor Setelah Restrukturisasi GM

Presiden AS Donald Trump pada Rabu (28/11/2018) mengatakan tarif otomatis baru “sedang dipelajari sekarang,” menegaskan bahwa mereka dapat mencegah PHK seperti PHK dan penutupan pabrik yang General Motors Co umumkan pekan ini.
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. /REUTERS
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. /REUTERS

Bisnis.com, WASHINGTON - Presiden AS Donald Trump pada Rabu (28/11/2018) mengatakan tarif otomatis baru “sedang dipelajari sekarang,” menegaskan bahwa mereka dapat mencegah PHK seperti PHK dan penutupan pabrik yang General Motors Co umumkan pekan ini.

Trump mengatakan di Twitter bahwa tarif 25% yang ditempatkan pada truk pikap impor dan van komersial dari pasar di luar Amerika Utara pada 1960 telah lama mendorong produksi kendaraan AS.

"Jika kami melakukannya dengan mobil yang masuk, banyak mobil akan dibangun di sini," kata Trump, menambahkan "dan GM tidak akan menutup pabrik mereka di Ohio, Michigan & Maryland.”

Amerika Serikat saat ini mengenakan tarif 2,5% untuk mobil impor dan kendaraan sport dari luar Amerika Utara dan Korea Selatan.

GM tidak langsung mengomentari sejumlah tweet Trump, tetapi menegaskan kembali komitmen berinvestasi di Amerika Serikat. Pada Senin, perusahaan mengatakan akan menutup lima pabrik di Amerika Utara, menghentikan produksi enam mobil penumpang yang kurang laku, serta akan memangkas 15.000 pekerjaan. Perusahaan tidak memiliki rencana untuk mengalihkan produksi kendaraan tersebut ke pasar lain.

Pemerintah sedang mempertimbangkan menerapkan tarif baru yang dramatis pada kendaraan impor. “Presiden memiliki kekuatan besar dalam masalah ini, terkait masalah GM, sedang dipelajari sekarang!” kata Trump.

Departemen Perdagangan AS telah mengedarkan rekomendasi rancangan ke Gedung Putih pada penyelidikannya mengenai apakah akan memberlakukan tarif hingga 25% pada mobil impor dan suku cadang di wilayah keamanan nasional, lapor Reuters awal bulan ini.

Gedung Putih telah berjanji untuk tidak bergerak maju dengan memberlakukan tarif pada Uni Eropa atau Jepang selama itu membuat kemajuan yang konstruktif dalam pembicaraan perdagangan.

Trump ingin Uni Eropa dan Jepang membeli lebih banyak kendaraan buatan Amerika. Dia ingin Uni Eropa dan Jepang membuat konsesi perdagangan termasuk menurunkan tarif 10% Uni Eropa pada kendaraan impor dan memotong hambatan non-tarif.

Prospek tarif 25% untuk mobil dan suku cadang impor telah membuat kejutan industri otomotif, dengan produsen AS dan produsen asing yang melobinya.

Gedung Putih dalam beberapa pekan terakhir telah mendekati para eksekutif utama pembuat mobil Jerman termasuk Daimler AG, BMW AG, dan Volkswagen AG untuk membahas status perdagangan mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper