Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Pertimbangkan Uji B30 Sesuai Euro 4

Pemerintah tengah mempertimbangkan melakukan pengujian penggunaan biodiesel dengan kadar fatty acid methyl ester 30% yang sesuai emisi atau gas buang Euro 4 selain B30 yang tidak sesuai Euro 4.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah tengah mempertimbangkan melakukan pengujian penggunaan biodiesel dengan kadar fatty acid methyl ester 30% yang sesuai emisi atau gas buang Euro 4 selain B30 yang tidak sesuai Euro 4.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika, mengungkapkan pengujian penggunaan bahan bakar B30 berstandar Euro 4 terdapat dalam diskusi lantaran waktu implementasi beleid Euro 4 pada mesin diesel sudah dekat.

Berdasarkan Peraturan Menteri LHK No.P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017, pemerintah mewajibkan seluruh produksi kendaraan bermotor roda empat dan lebih menerapkan standar emisi Euro 4.

Pemerintah memberikan tenggat waktu 4 tahun sejak permen LHK tersebut diundangkan kepada pabrikan dan penyedia bahan bakar untuk melakukan penyesuaian standar emisi Euro 4 berbahan bakar diesel.

Beleid tersebut diundangkan pada 7 April 2017. Oleh karena itu, peraturan tersebut mulai berlaku pada 7 April 2021. “2021 sudah mulai ke Euro 4 sehingga itu [ada pemikiran] kenapa enggak sekalian saja daripada nanti test lagi,” kata Putu di Jakarta, Selasa (27/10/2018).

Saat ini, dia menuturkan, belum ada keputusan terkait pengujian penggunaan bahan bakar B30 yang sesuai dengan kendaraan berstandar Euro 4 lantaran harus menunggu beberapa hal seperti sistem pengujian, rute pengujian, dan sebagainya.

Dia memperkirakan, pengujian penggunaan bahan bakar B30 akan dilakukan pada akhir 2018 atau awal tahun depan. “Kalau kita [konsensus] sepakat, uji sampai Euro 4,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper