Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grup Astra Masih Kuasai Pangsa Pasar Otomotif Indonesia

Merek otomotif di bawah kendali PT.Astra International (ASII) masih mendominasi pasar otomotif di Tanah Air dengan menguasai pasar sebesar 56,5% di sepanjang Oktober 2018.
Logo Toyota/Reuters-Yuya Shino
Logo Toyota/Reuters-Yuya Shino

Bisnis.com, JAKARTA - Merek otomotif di bawah kendali PT.Astra International (ASII) masih mendominasi pasar otomotif di Tanah Air dengan menguasai pasar sebesar 56,5% di sepanjang Oktober 2018.

Berdasarkan data penjualan wholesales (pengiriman dari pabrik ke dealer) otomotif yang dikeluarkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan PT ASII, total penjualan mobil merek otomotif di bawah ASII yaitu Toyota, Daihatsu, Isuzu dan Peugeot pada Oktober sebanyak 59.866 unit.

Adapun total penjualan untuk semua merek sebanyak 106.050 unit. Naik sebesar 13,7% dibandingkan dengan penjualan otomotif pada September 2018 sebanyak 93.309 unit.

Toyota masih menjadi kontributor utama penjualan mobil grup Astra dengan total penjualan 36.209 unit. disusul oleh Daihatsu 21.026 unit, Isuzu 2.619 unit dan Peugeot 12 unit.

Di luar dari grup Astra, merek otomotif Honda berada di urutan ke-3 dengan penjualan tertinggi sebanyak 15.489 unit. Di urutan ke-4 diisi oleh Mitsubishi 15.223 unit, Suzuki berada di urutan ke-5 dengan penjualan 8.514 unit.

Secara keseluruhan total penjualan otomotif nasional selama periode Januari hingga Oktober mencapai 962.817 unit, dimana merek otomotif dibawah kendali grup Astra menguasai pangsa pasar sebesar 50%.

Pada tahun 2017, total penjualan wholesales otomotif Indonesia sebanyak 1.079.886 unit.

Berarti. realisasi penjualan periode Januari-Oktober itu 89,2% dari realisasi penjualan otomotif sepanjang tahun 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper