Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hyundai Motor Bangun Dana Energi Hidrogen dengan Lembaga R&D China

Hyundai Motor menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan Institut R & D Industri Beijing-Tsinghua (BTIRDI) untuk bersama-sama membentuk Dana Energi Hidrogen, Senin (29/10/2018).
Hyundai Motor menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan Institut R & D Industri Beijing-Tsinghua (BTIRDI). /HYUNDAI
Hyundai Motor menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan Institut R & D Industri Beijing-Tsinghua (BTIRDI). /HYUNDAI

Bisnis.com, BEIJING - Hyundai Motor menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan Institut R & D Industri Beijing-Tsinghua (BTIRDI) untuk bersama-sama membentuk Dana Energi Hidrogen, Senin (29/10/2018).

Berdasarkan perjanjian ini, produsen Korea Selatan dan mitranya dari China berharap untuk memperkuat pengaruh mereka dalam ekosistem hidrogen sambil mempercepat munculnya Masyarakat Hidrogen.

Hydrogen Energy Fund akan dioperasikan bersama oleh Hyundai Motor dan Yield Capital, firma investasi BTIRDI, dengan tujuan untuk meningkatkan total US$100 juta. Lembaga tersebut bertujuan untuk menarik investasi dari perusahaan-perusahaan modal ventura terkemuka yang berbasis di China, Eropa, dan AS.

Tujuan utama inisiatif binasional adalah untuk memacu investasi dalam industri hidrogen dan rantai nilai sambil juga mendorong pertumbuhan startup yang menjanjikan di China dan Korea.

Lebih khusus lagi, dana tersebut akan mencari perusahaan inovatif yang memiliki berbagai infrastruktur dan kepemimpinan terkait hidrogen dalam teknologi inti hidrogen. Kemitraan ini akan memanfaatkan keahlian kolektifnya dalam teknologi hidrogen untuk melakukan analisis terperinci tentang potensi pertumbuhan calon investor di masa depan, untuk membuat investasi terbaik yang akan menguntungkan seluruh industri dan ekosistem.

Kontribusi Dana Industri Energi Hidrogen tidak akan terbatas pada investasi ekuitas semata, tetapi akan melibatkan dukungan aktif dan sistematis berdasarkan program inkubasi masing-masing anggota dan strategi perusahaan modal ventura (CVC).

"Kami senang mengumumkan pembentukan Dana Energi Hidrogen dengan Institut Litbang Industri Beijing-Tsinghua," kata Hsiu Fu Wang, Wakil Presiden Eksekutif di Hyundai Motor Group (China) Ltd, dalam keterangan pers Hyunda, Senin (29/10/2018).

Kolaborasi ini merupakan langkah pertama yang penting dalam memajukan ekosistem hidrogen global dan landasan kepercayaan Hyundai Motors yang kuat akan menghadirkan banyak peluang pertumbuhan untuk kemitraan.

"Hyundai Motor memiliki teknologi FCEV terkemuka di industri yang akan kami manfaatkan untuk mendapatkan pijakan di ekosistem hidrogen China," kata Zongkai Shi, Wakil Direktur Dewan Sekolah Universitas Tsinghua "Melalui Dana Energi Hidrogen, kami akan mengembangkan platform yang secara signifikan berkontribusi terhadap penciptaan Masyarakat Hidrogen. "

Untuk Hyundai Motor, pembentukan Dana Industri Energi Hidrogen diharapkan dapat membuka jalan bagi peluang bisnis baru terkait hidrogen di China. Secara khusus, kerja sama China-Korea akan meletakkan fondasi yang kuat bagi Hyundai Motor untuk terjun ke pasar kendaraan sel bahan bakar listrik China (FCEV) di masa depan.

Hidrogen muncul sebagai pilar utama untuk pertumbuhan masa depan di China. Pada Februari, Aliansi Nasional China Hidrogen dan Fuel Cell (China Hydrogen Alliance) secara resmi diluncurkan untuk mempercepat penyebaran hidrogen di China dan mempromosikan pembangunan masyarakat hidrogen di negara tersebut. Pemerintah China juga menargetkan pengerahan besar-besaran 1 juta FCEV dan 1.000 stasiun isi ulang pada 2030.

BTIRDI adalah sebuah lembaga litbang industri yang didirikan pada 1998 oleh pemerintah kota Beijing dan Universitas Tsinghua. Berfokus pada mendorong inovasi dan mendukung universitas dalam mengembangkan terobosan ilmiah dan teknologi, institut ini berfungsi sebagai pusat inkubasi berteknologi tinggi serta konsultan teknologi untuk pemerintah.

Yield Capital, sebuah perusahaan investasi yang didirikan pada 2014 oleh BTIRDI, telah membuat sejumlah investasi dalam industri hidrogen dan rantai nilai, termasuk perusahaan yang memproduksi dan menyimpan hidrogen, serta tumpukan sel bahan bakar dan pengembang sistem sel bahan bakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper