Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

September 2018, New HR-V Sumbang Penjualan Terbesar Honda

PT Honda Prospect Motor mencatatkan penjualan ke delaer atau wholesales sebanyak 10.959 unit pada September 2018, membuat penjualan kendaraan bermotor mobilnya mencapai 41.047 unit pada kuartal ketiga tahun ini.
Honda juga meluncurkan model terbaru dari Honda HR-V yang kini tampil eksterior yang semakin stylish dan fitur yang semakin lengkap. /HONDA
Honda juga meluncurkan model terbaru dari Honda HR-V yang kini tampil eksterior yang semakin stylish dan fitur yang semakin lengkap. /HONDA

Bisnis.com, JAKARTA—PT Honda Prospect Motor mencatatkan penjualan ke delaer atau wholesales sebanyak 10.959 unit pada September 2018, membuat penjualan kendaraan bermotor mobilnya mencapai 41.047 unit pada kuartal ketiga tahun ini.

Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director HPM, mengungkapkan new Honda HR-V merupakan pemberi kontribusi terbesar wholesales HPM sepanjang September 2018. Honda HR-V merupakan produk yang baru diluncurkan pada Agustus 2018.

“Salah satu model terbaru kami, yaitu New Honda HR-V terus memberikan kontribusi positif untuk penjualan Honda di bulan September. Kami percaya tren ini dapat kami pertahankan hingga akhir tahun dengan dimulainya pengiriman all new Honda Brio pada Oktober,” kata Jonfis dalam siaran pers, Rabu (3/10/2018).

Pada September, new Honda HR-V 1.5L terjual sebanyak 3.038 unit atau naik 4% dari bulan sebelumnya, serta berkontribusi sebanyak 28% terhadap total penjualan Honda. Sementara tipe Honda HR-V 1.8L terjual sebanyak 253 unit di bulan September lalu.

Pada periode yang sama, Honda Mobilio terjual sebanyak 2.646 unit dengan kontribusi mencapai 24% terhadap total penjualan.

Sedangkan di segmen hatchback, Honda Jazz juga mencatat penjualan yang memuaskan sebanyak 1.999 unit atau naik 4% dari bulan sebelumnya, sekaligus menyumbang 18% dari total penjualan mobil Honda pada September. Di segmen yang sama, Honda Civic Hatchback terjual sebanyak 227 unit pada bulan kesembilan tahun ini.

Produk lainnya seperti Honda CR-V membukukan penjualan 1.304 unit dan Honda BR-V sebanyak 1.223 unit. Di jajaran mobil sedan, Honda Civic mencatat penjualan sebanyak 201 unit, Honda City sebanyak 27 unit, dan Honda Accord sebanyak 20 unit. Beberapa model lainnya, yaitu Honda Odyssey juga telah terjual sebanyak 20 unit, sedangkan Honda Civic Type R terjual 1 unit.

Sementara itu, all new Honda Brio RS dan Honda Brio Satya yang baru saja diluncurkan pada Agustus 2018 akan memulai pengiriman kepada konsumennya pada Oktober.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dilihat Bisnis, wholesales HPM pada kuartal ketiga tahun 2017 sebanyak 45.479 unit. Oleh karena itu, penjualan ke dealer pada 3 bulan pertama semester kedua tahun ini lebih rendah 9,75%. Tidak hanya itu, wholesales Honda pada bulan kesembilan tahun ini juga lebih rendah dibandingkan dengan pencapaian pada periode yang sama tahun lalu, yakni 15.112 unit.

Sementara itu, sepanjang sembilan bulan tahun ini, penjualan ke diler Honda mencapai 117.741 unit dengan pencapaian wholesales 10.959 pada bulan lalu. Pencapaian penjualan pada Januari—September 2018 lebih rendah 20.999 unit atau -15,14% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yakni 138.740 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper