Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Mengetahui Harga Motor Anda, Ini Aplikasinya

PT Otomoto Indonesia meluncurkan aplikasi OTOMOTO guna memaksimalkan nilai sepeda motor yang dimiliki oleh masyarakat mengingat saat ini kendaraan roda dua bukan lagi sebatas alat transportasi.
Pengendara sepeda motor melaju di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (9/1)./ANTARA-Aprillio Akbar
Pengendara sepeda motor melaju di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (9/1)./ANTARA-Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA—PT Otomoto Indonesia meluncurkan aplikasi Otomoto guna memaksimalkan nilai sepeda motor yang dimiliki oleh masyarakat mengingat saat ini kendaraan roda dua bukan lagi sebatas alat transportasi.

Aplikasi tersebut juga dapat membantu mengetahui harga jual sepeda motor dengan akurat tergantung pada kondisinya.

“Sudah saatnya pemilik sepeda motor melihat potensi kepemilikan sepeda motornya bukan hanya sebagai alat transportasi, tetapi juga sebagai aset yang berharga,” kata Dennis Wu, Head of Technology Otomoto dalam siaran pers, Rabu (3/10/2018).

Dia menjelaskan, aplikasi OTOMOTO lahir sebagai platform digital hasil kreativitas anak bangsa bagi para pemilik motor di seluruh Indonesia. Sistemnya bekerja berdasarkan data analitik, algoritma, dan otomatisasi guna menghadirkan user journey yang maksimal.

Layanan unggulan aplikasi Otomoto ialah price engine. Hadir sebagai yang pertama dan satu-satunya di Indonesia, price engine memungkinkan pengguna aplikasi mengetahui harga jual motornya dengan akurat tergantung kondisi.

“Cukup hanya dengan memasukkan tipe kendaraan, tahun produksi, dan jumlah kilometer, dalam hitungan detik maka perkiraan harga dapat dilihat di layar ponsel,” katanya.

Dia menambahkan, pengguna juga dapat memeriksa kondisi fisik motornya dengan detail melalui fitur smart inspection, yakni sebuah rangkaian pengecekan kondisi motor yang melibatkan mekanik profesional bersertifikat dari para mitra bengkel.

Dari hasil inspeksi tersebut pengguna memiliki pilihan untuk meningkatkan kondisi motor dengan melakukan perbaikan. “Langkah ini pada akhirnya akan menambah nilai jual motornya,” katanya

Dia melanjutkan, laporan smart inspection dibagi ke dalam lima kategori, yakni grade A, B, C, D, dan E yang dapat dipakai sebagai acuan harga saat pengguna hendak menjual motor ke dealer motor bekas (Mokas) atau pembeli potensial.

Bahkan, lanjutnya ketika pemilik kendaraan akan melakukan pengajuan pinjaman ke perusahaan pembiayaan. “Aplikasi Otomoto berusaha membawa pengguna merasakan potensi maksimal dari memiliki kendaraan roda dua,” katanya

Saat ini, perusahaan melihat sebagian besar konsumen motor di Indonesia menggunakan jasa perusahaan pembiayaan. Oleh karena itu, ketersediaan layanan pembiayaan menjadi faktor keputusan penting saat membeli motor baru ataupun bekas.

Pengguna aplikasi bisa menikmati fasilitas ini melalui fitur loan. Layanan ini menghubungkan pengguna aplikasi ke berbagai perusahaan pembiayaan terpercaya berskala nasional. Bahkan, pengguna juga bisa mendapatkan pinjaman untuk kebutuhan di luar pembelian motor.

Dengan profil customer sepeda motor pada umumnya, biasanya ada kebutuhan terhadap dana yang tidak terantisipasi, misalnya biaya untuk kesehatan, pendidikan, atau hari raya.

"Dari situ kami berikan beberapa alternatif pendanaan yang kami sediakan bersama mitra perusahaan pembiayaan. Selain untuk kebutuhan yang mendadak tadi, bisa juga untuk pembiayaan motor bilamana pengguna hendak tukar tambah motornya. Karena kecenderungannya, pengguna motor akan melakukan upgrade setiap 3 tahun sekali, dan 70% pembelian motor dilakukan dengan cara kredit,” terang Marwoto Soebiakno, Founder dan Board of Advisor Otomoto.

Otomoto menyediakan informasi dan pilihan supaya pemilik sepeda motor dapat membuat keputusan terbaik sesuai dengan kebutuhannya.

Otomoto, lanjutnya juga menawarkan kemudahan bagi pemilik motor dalam melakukan perawatan rutin melalui fitur booking service. Layanan ini memungkinkan pengguna mengetahui lokasi bengkel berkualitas terdekat, dan melakukan pemesanan jadwal kunjungan sesuai lokasi, hari hingga jam yang diinginkan.

Untuk mewujudkan layanan ini Otomoto menjalin kerja sama luas dengan mitra bengkel yang tersebar di banyak daerah, seperti di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Surabaya, hingga Bali. Kerja sama ini memungkinkan pula pengguna aplikasi menikmati berbagai program promosi serta diskon yang diadakan bengkel.

Sedangkan, salah satu keuntungan bagi pihak bengkel atas kerja sama ini ialah masukan data analitik yang bisa menunjang perkembangan bisnisnya. Dari situ bisa diskusi program apa yang bisa dikerjakan bersama untuk menambah kapasitas bengkel.

Kemudian, aplikasi ini juga bisa membantu efisiensi dari sisi bengkel dan pelangganya. Bengkel mitra dapat mengatur ketersediaan waktu yang bisa dipesan pada saat-saat yang lenggang. Dan karena customer mendapat awareness, pelanggan dapat menyesuaikan waktu servis motornya sehingga bisa mengisi saat-saat yang lengang di bengkel tersebut,.

Bagi pengguna, semakin sering memanfaatkan layanan Otomoto, semakin banyak pula poin rewards yang dikumpulkannya. Poin ini nantinya dapat ditukarkan dengan voucher kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya itu, pihaknya juga bekerja sama dengan para bengkel untuk memberikan diskon dan promo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper