Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penantang Yamaha Xmax, Skuter Kawasaki J300 Bergaya Lebih Sportif

Kawasaki memiliki skuter matik bongsor menjadi pesaing Yamaha XMAX 300 di Eropa yaitu Kawasaki J300
Kawasaki J300. /Kawasaki
Kawasaki J300. /Kawasaki

Bisnis.com, JAKARTA - Kawasaki memiliki skuter matik bongsor menjadi pesaing Yamaha XMAX 300 di Eropa yaitu Kawasaki J300. Model ini sebenarnya sudah muncul sejak 2014 namun pada model 2019 akan mendapat refreshment tampilan lebih sporty dengan warna hitam ditambah goresan warna hijau dan ada juga kombinasi abu-abu matte dengan stip hitam.

Dari desain dan sosoknya, Kawasaki J300 terinsipirasi dari generasi Ninja ZZR, moge tertinggi dari Kawasaki. Meski demikian Kawasaki J300 yang dibangun bersama dengan Kymco dengan menggunakan basis Kymco Downtown 300. Namun, Kawasaki tak langsung caplok begitu saja, mereka mendesain ulang, menambah fitur dan bodywork Kymco. Hasilnya sosok J300 yang mencerminkan sosok Ninja di Skuter.

Menurut sumber Bennetts di Kawasaki, para insinyur Jepang bekerja bersama tim Kymco untuk memberikan sejumlah perubahan teknis pada: bodywork, jok, selang rem, suspensi, tuas rem yang dapat disesuaikan, footpeg belakang, lampu utama, dek kaki dan jam. Para insinyur K juga mengembangkan ECU baru yang memberikan performa lebih pada putaran menengah. Bahkan tenaga pun cukup besar mencapai 27bhp pada putaran 8000 rpm dan torsi 28,4 Nm pada 6500 rpm.

Kawasaki J300 diklaim memiliki akselerasi halus dengan konsumsi bahan bakar yang irit sekitar 34 kilometer per liter. Saat dikendarai di perkotaan, ada cukup dorongan pada putaran menengah untuk menyalip dari 96-112 kilometer per jam. Menurut klaim Kawasaki, J300 mampu mencapai kecepatan tertinggi 95 mil per jam atau 152 kilometer per jam tak kalah dari Yamaha Xmax 300.

Di atas kertas beratnya 191 kilogram setara dengan Yamaha Xmax, yang hanya satu kilo lebih ringan dari Kawasaki ZX-6R, tetapi sangat ringan. Motor ini mudah bermanuver dengan kecepatan rendah, dan bahkan seorang pengendara matik pemula akan bisa naik tanpa menyeret kaki saat motor berjalan. Pada keceparan tinggi pun motor tetap stabil.

Melongok pada instrumen, dilengkapi penunjuk jam cukup sederhana, dengan speedometer, penunjuk putaran mesin, dan pengukur bahan bakar. Di bawah jok cukup menekan satu tombol ada bagasi yang mampu menampung jas hujan serta helm, ada hook untuk membawa belanja diantara kaki dan ada kompartemen untuk ponsel Anda. Kualitas dari bahan disebut cukup oke di kelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper