Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

eCanter, Truk Listrik Pertama dari Daimler Trucks

Fuso eCanter, truk listrik pertama dari Daimler Trucks, yang merupakan korporasi otomotif multinasional Jerman dan berkantor pusat di Stuttgart, Baden-Wurttemberg, Jerman, salah satu produk yang diperkenalkan di International Motor Show Jerman atau International Motor Show, yang dikenal sebagai Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) atau Pameran Otomotif Internasional dan pameran motor terbesar di dunia, pada 20-29 September 2018.
eCanter, Truk Listrik Pertama dari Daimler Trucks/Bisnis - Martin Sihombing
eCanter, Truk Listrik Pertama dari Daimler Trucks/Bisnis - Martin Sihombing

Bisnis.com, JAKARTA – Fuso eCanter, truk listrik pertama dari Daimler Trucks,  yang merupakan korporasi otomotif multinasional Jerman dan berkantor pusat di  Stuttgart, Baden-Wurttemberg, Jerman,  salah satu produk yang diperkenalkan di  International Motor Show Jerman atau International Motor Show,  yang dikenal sebagai Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) atau Pameran Otomotif Internasional dan pameran motor terbesar di dunia, pada 20-29 September 2018.

Sebenarnya, sudah  setahun lalu  FUSO eCanter diluncurkan di pasar globalnya di New York City. Hanya beberapa bulan sebelum itu, produksi seri kecil telah dimulai di pabrik FUSO di Tramagal, Portugal, dan Kawasaki, Jepang.

BACA:

FUSO eCanter adalah truk produksi listrik pertama dari Daimler Trucks. Kendaraan ini, saat ini, digunakan di enam kota di Eropa, Jepang, dan AS oleh pelanggan yang mencakup perusahaan logistik Rhenus dan DHL di Jerman, Wincanton dan perusahaan logistik DPD di Inggris, di kota Lisbon di Portugal, dan PostNL dan perusahaan transportasi Grup Cornelissen di Belanda.

eCanter, Truk  Listrik Pertama dari Daimler Trucks

Kemudian pengecer kelontong SevenEleven dan perusahaan logistik Yamato di Jepang mengoperasikan sekitar 30 model eCanter, sementara pelanggan di AS termasuk perusahaan pengiriman paket UPS, Universitas California, dan berbagai organisasi nirlaba, di antaranya Kebun Raya New York.

Bersih, tenang, efisien - dan ekonomis Dengan eCanter, FUSO menanggapi permintaan publik untuk pengangkutan distribusi bebas-buang dan kebisingan rendah di kota-kota. Memang, truk ringan the all-electric dirancang untuk meminimalkan polusi suara di kota-kota di seluruh dunia dan membantu membalikkan tren ke arah tingkat polusi udara yang lebih tinggi juga.

ECanter, bukan hanya kendaraan ramah lingkungan, tetapi juga hemat biaya dan ekonomis bagi penggunanya. Tergantung pada tubuhnya,  Prul ini memiliki kapasitas muatan hingga 3,5 ton, dan drivetrain listriknya menggabungkan enam baterai lithium-ion bertegangan tinggi, masing-masing menyimpan 13,8 kilowatt per jam pada 420 volt. Dengan 390 Nm output daya konstan, kendaraan 175-hp, 7,49 ton dapat berakselerasi hampir seperti mobil.

Kecepatan puncaknya, terbatas hingga 80 km/ jam - seperti halnya dengan semua kendaraan di kelas berat ini. Baterai, yang beratnya sekitar 600 kilogram, memungkinkan jarak mengemudi lebih dari 100 km - lebih dari cukup untuk transportasi distribusi perkotaan harian dalam banyak kasus.

Ada yang lebih baik: Dibandingkan dengan model diesel konvensional, biaya operasi untuk eCanter dapat sebanyak €1.000 lebih rendah untuk setiap 10.000 km.

eCanter hanyalah satu  kendaraan yang meneruskan tradisi lama FUSO untuk memimpin jalan ketika datang ke pengembangan solusi transportasi yang ekonomis, individual, dan serbaguna. Dengan peluncuran merek produk E-FUSO baru, yang disajikan untuk pertama kalinya di 2017 Tokyo Motor Show, FUSO menggarisbawahi tekadnya untuk melistriki seluruh jajaran produknya. Untuk memastikan keberhasilan pembuatan kendaraan listrik di jalan hari ini dan besok, FUSO memanfaatkan pengetahuan dan keahlian di berbagai perusahaan mitra Daimler.

Keahlian gabungan kendaraan listrik di Daimler Trucks dikonsolidasikan ke dalam Electro Mobility Group (EMG) di pertengahan tahun ini. Proyek kendaraan listrik saat ini selain eCanter: The Mercedes-Benz eActros, yang saat ini sedang diuji oleh pelanggan; eCascadia dan eM2 - baik prototipe truk listrik dari Freightliner yang saat ini sedang dikembangkan sebagai kendaraan pra-produksi sehingga pengujian pada pelanggan dapat dimulai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper