Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Di IAA Commercial Vehicles 2018, MAN Truck & Bus Usung Tema Simplifying Business

MAN Truck and Bus menciptakan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan dan membantu mereka untuk membuat bisnis mereka lebih sederhana, lebih menguntungkan, lebih berkelanjutan dan masa depan.
Deretan kendaraan niaga Man Truck and Bus. /MAN
Deretan kendaraan niaga Man Truck and Bus. /MAN

Bisnis.com, HANNOVER - Pameran kendaraan niaga terbesar IAA Commercial Vehicles 2018 digelar di Hannover, 20-27 September 2018. MAN Truck & Bus mengusung tema Simplifying Business.

“Mobilitas listrik, digitalisasi, mengemudi otonom - banyak pelanggan kami ingin lebih banyak informasi ketika datang ke topik ini. Di IAA kami ingin memberikan jawaban sederhana atas pertanyaan rumit,” kata Joachim Drees, Ketua Dewan Eksekutif di MAN Truck & Bus AG, dalam keterangan persnya.

Untuk melakukannya, MAN Truck and Bus menciptakan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan dan membantu mereka untuk membuat bisnis mereka lebih sederhana, lebih menguntungkan, lebih berkelanjutan dan masa depan.

MAN telah mengembangkan kendaraan baru dan memperkenalkan solusi digital kepada pengunjungnya di Hanover. Solusi digital ini membantu mengoptimalkan analisis kendaraan dan manajemen pemeliharaan, misalnya.

Masa depan transportasi barang dan penumpang di kota adalah listrik.

Di IAA, MAN memamerkan MAN eTGE, versi baterai-listrik van MAN baru, di samping truk distribusi listrik lengkap, MAN eTGM. MAN adalah salah satu produsen pertama yang menyajikan solusi listrik sepenuhnya untuk seluruh bidang logistik kota antara 3 dan 26 ton.

Joachim Drees percaya ini adalah area aplikasi yang paling penting untuk kendaraan komersial yang digerakkan secara elektrik. “Area perkotaan adalah tahap terbaik untuk e-truk untuk menunjukkan kekuatan mereka. Mereka bebas emisi lokal, dan dengan demikian berkontribusi untuk meningkatkan kualitas udara di kota-kota. Mereka juga sangat tenang, yang berarti di masa depan, misalnya, pengiriman ke supermarket dapat dilakukan pada lalu lintas siang-malam dapat dikurangi.

"Kami percaya bahwa masa depan barang dan transportasi penumpang di kota adalah listrik."

Sorotan pameran dagang adalah MAN CitE, truk kota yang digerakkan oleh listrik penuh dengan ide-ide baru dan solusi kreatif. Kendaraan 15 ton yang hanya dikembangkan hanya dalam waktu 18 bulan ini dirancang tanpa kompromi untuk transportasi distribusi di dalam kota.

Karena fakta bahwa pengemudi pengiriman di daerah perkotaan dapat masuk dan keluar dari kendaraan mereka hingga 30 kali sehari, CitE memiliki ketinggian masuk yang sangat rendah dan terutama lebar pintu; pintu co-driver pun bisa terbuka dengan menekan sebuah tombol. Kokpit adalah kesempurnaan ergonomis, memberi pengemudi pemandangan panorama yang sangat baik karena posisi duduk yang rendah dan jendela samping yang besar.

Selain itu, CitE menggunakan sistem kamera 360 derajat untuk memberikan tingkat keamanan sebaik mungkin dan untuk menghilangkan titik-titik buta yang berbahaya. CitE sepenuhnya dikendalikan secara elektrik. Ini memiliki jangkauan 100 kilometer - lebih dari cukup untuk pengiriman transportasi di kota.

Di IAA Commercial Vehicles 2018, MAN Truck & Bus Usung Tema Simplifying Business

Joachim Drees mengatakan, “CitE lebih dari sekadar konsep kendaraan. Ini jawaban kami untuk persyaratan transportasi barang di kota.”

Bahkan untuk bus kota, jalannya jelas mengarah pada kendaraan yang dikendalikan secara elektrik. Ini adalah alasan mengapa MAN telah membentuk kemitraan pembangunan dengan lokasi termasuk Munich, Hamburg, Wolfsburg dan Luksemburg - untuk memungkinkan pengalaman sehari-hari dimasukkan ke dalam pengembangan seri. Prototipe close-to-series dari MAN Lion's City E juga membuat débutnya di IAA tahun ini.

Bus listrik digerakkan oleh motor pusat pada poros yang digerakkan, yang memungkinkan ruang untuk area duduk yang dioptimalkan di belakang, menyediakan bus dengan hingga empat kursi tambahan.

Baterainya tahan benturan, terletak di atap untuk menghemat ruang, memungkinkan rentang hingga 270 kilometer dan dapat diisi hanya dalam tiga jam.

Langkah berikutnya terjadi pada 2020, ketika armada bus listrik demo akan diuji di berbagai kota Eropa dalam penggunaan sehari-hari, sebelum produksi serangkaian versi baterai-listrik MAN Lion’s City yang baru akhirnya akan dimulai. Pengujian komprehensif ini memastikan bahwa kendaraan sangat andal, seperti yang diperlukan untuk transportasi umum.

Peleton mengurangi emisi CO2 dan memastikan keamanan yang lebih terasa di jalan tol.

Peleton truk yang dikembangkan oleh MAN sudah menjalani pengujian praktis. Sebuah drawbar elektronik menghubungkan dua atau lebih truk. Kendaraan pertama menentukan kecepatan dan arah, truk di belakang secara otomatis mengikuti pada jarak yang sangat dekat hanya sekitar 10-15 meter.

Konvoi menghemat hingga 10% bahan bakar dengan menggunakan slipstreams. Ada juga pengemudi di kendaraan berikut ini sehingga, jika diperlukan, mereka dapat mengintervensi dan menimpa sistem. “Peleton secara signifikan mengurangi emisi CO2 dan juga memastikan keamanan yang lebih terasa di jalan tol. Hanya membutuhkan waktu 5 milidetik untuk sistem elektronik dari truk berikut untuk bereaksi terhadap dorongan rem kendaraan di depan - lebih cepat daripada manusia lainnya. Teknologi ini memiliki potensi untuk secara signifikan mengurangi jumlah tabrakan belakang yang serius di jalan raya,” kata Drees.

Sejak akhir Juni, sebuah peleton MAN telah melakukan perjalanan di jalan raya A9 antara Munich dan Nuremberg sebagai bagian dari proyek percontohan. Bersama dengan DB Schenker, pabrikan kendaraan komersial sedang menguji bagaimana teknologi ini bekerja dalam lalu lintas jalan yang nyata. Uji coba lapangan sedang dipantau oleh Fresenius University of Applied Sciences, yang menyelidiki efek pada driver.

Bantuan pengereman darurat otomatis (yang tidak lagi dapat dinonaktifkan di truk dan bus / pelatih sebagai standar) memberikan peningkatan keamanan, bersama dengan sistem monitor kamera yang memungkinkan pengemudi untuk membuat belokan lebih mudah dan diharapkan untuk mencegah kecelakaan serius karena blind spot.

Sistem MAN aFas, yang ditunjukkan di tribun Traton di pameran dagang, telah membuktikan kesiapan implementasinya. Karena berulang, tabrakan belakang yang serius di jalan raya yang melibatkan kendaraan keselamatan bergulir, MAN secara digital menghubungkan dua kendaraan, sehingga kendaraan keselamatan belakang dapat dioperasikan tanpa sopir.

MAN mentransformasikan dirinya dari produsen kendaraan komersial menjadi pemasok solusi transportasi cerdas dan berkelanjutan.

Inovasi digital adalah fokus dari penampilan pameran dagang MAN. “MAN mengubah dirinya dari produsen kendaraan komersial menjadi pemasok solusi transportasi yang cerdas dan berkelanjutan,” kata Joachim Drees. Inilah mengapa MAN mendirikan merek digital Rio pada 2016, untuk menghubungkan dunia transportasi melalui platform berbasis cloud yang terbuka, sehingga membuatnya lebih efisien serta lebih ramah lingkungan.

Untuk menekankan pendekatan multi-pabrikan yang kompatibel dan terbuka, Rio telah menjadi merek independen di bawah payung Traton Group sejak 2017.

Dengan membangun platform ini, MAN menawarkan kepada pelanggannya solusi digital pertama yang disesuaikan untuk kendaraan MAN dengan nama MAN Digital Services.

Di masa depan, ini akan memungkinkan pelanggan MAN untuk menerima wawasan real-time dan lokasi-independen ke dalam data kendaraan dan analisis dari data tersebut, dan rekomendasi untuk tindakan khusus.

MAN telah memperkenalkan layanan tambahan untuk mengoptimalkan analisis kendaraan dan manajemen pemeliharaan di IAA 2018. Dengan RIO sebagai mitra strategis, pelanggan MAN mendapat manfaat dari layanan kendaraan digital, yang mana manajemen armada pelanggan akan disederhanakan, dan bisnis dibuat lebih menguntungkan.

Operator armada campuran juga akan menerima dasar seragam layanan logistik digital untuk seluruh armada, terlepas dari merek kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper