Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Truk Fuso Produksi 2016 Bisa Pakai Bahan Bakar B20

Truk konsep Mitsubishi Fuso The Super Great V "Spider" yang memiliki empat tangan derek untuk multifungsi dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di Tangerang, Banten. (Risbiani Fardaniah)
Mitsubishi Fuso the Super Great V Spider. /GIIAS2018
Mitsubishi Fuso the Super Great V Spider. /GIIAS2018

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors ( KTB) mengatakan truk Mitsubishi Fuso produksi mulai tahun 2016 siap menggunakan bahan bakar biodiesel 20 atau B20.

"Saya lupa bulannya kapan, mungkin awal tahun 2016, (truk Fuso) telah dilengkapi double filter," ujarnya di Yogyakarta, Santu (8/9), menanggapi pertanyaan kesiapan Mitsubishi Fuso pasca-pemberlakuan wajib penggunaan B20 pada 1 September 2018.

Pada 2016, pihaknya telah melakukan modifikasi terhadap truk Fuso yang diproduksi di Indonesia agar bisa beroperasi dengan baik ketika menggunakan B20, yaitu dengan cara menggunakan saringan BBM ganda (double filter), yang sejak itu telah menjadi standar produk Mitsubishi Fuso.

Walaupun, kata dia, pada 2016 penggunaan B20 belum wajib untuk kendaraan komersial, non-PSO (public service obligation). Namun B20 sudah ada di sejumlah SPBU, walaupun penyebarannya belum merata. Kala itu wajib B20 hanya untuk kendaraan PSO seperti kereta api.

Kendati demikian, untuk truk dengan tahun produksi sebelum 2016, pemilik atau pengguna truk Mitsubishi Fuso tidak perlu khawatir, karena sangat mudah mengatasinya yaitu dengan menambah satu filter BBM.

"Kami siapkan suku cadangnya. Pemasangannya mudah, bisa pasang sendiri," ujar Duljatmono.

Dia mengingatkan agar pemilik truk Mitsubishi Fuso, khususnya Colt Diesel, dengan tahun produksi sebelum 2015 lebih peduli melakukan perawatan kendaraan niaga mereka agar mobil tidak mogok karena saringan mampet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fajar Sidik
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper