Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hyundai dan Baidu Berambisi Percepat Era Mobil Terhubung

Hyundai Motor Group (Hyundai) menggandeng Baidu untuk bekerja sama dalam pengembangan teknologi mobil terhubung (internet of of vehicle) generasi mendatang.
Tan Su, Manajer Umum Baidu Internet of Vehicles; dan Kyowoong Choo, Direktur dan Kepala Grup Pengembangan Infotainment di Hyundai Motor. /Hyundai
Tan Su, Manajer Umum Baidu Internet of Vehicles; dan Kyowoong Choo, Direktur dan Kepala Grup Pengembangan Infotainment di Hyundai Motor. /Hyundai

Bisnis.com, SEOUL - Hyundai Motor Group (Hyundai) menggandeng Baidu untuk bekerja sama dalam pengembangan teknologi mobil terhubung (internet of of vehicle) generasi mendatang.

Kerja sama Kedua perusahaan tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman (MOU) untuk Internet of Vehicles (IoV), Selasa (10/7/2018). MOU yang akan menjadi basis kemitraan antara kelompok pembuat mobil terbesar kelima di dunia dan penyedia pencarian Internet berbahasa China terkemuka untuk mempercepat pengembangan inovasi mengganggu dalam konektivitas kendaraan.

Sebagai langkah pertama dalam roadmap kemitraan, Hyundai dan Baidu akan bersama-sama mengembangkan layanan mobil terhubung yang menyediakan berbagai konten dalam mobil - status lalu lintas waktu nyata dan informasi langsung tentang tujuan akhir pengguna misalnya - berdasarkan data besar, peta, kecerdasan buatan (AI) dan layanan portal.

Melalui layanan seperti itu, Hyundai dan Baidu berharap dapat memenuhi permintaan untuk layanan konektivitas di antara konsumen di China dan sekitarnya.

Hyundai dan Baidu juga akan berkolaborasi untuk menciptakan model kendaraan Hyundai Motor Group yang tertanam dengan Xiaodu In-Car OS. Rencana ini bertujuan untuk memajukan penerapan AI dalam IoV melalui teknologi generasi mendatang dan inovasi produk.

Dirilis dalam konferensi pengembangan kecerdasan buatan Baidu Create 2018, awal bulan ini, Xiaodu In-Car OS adalah solusi IoV berbasis AI yang merupakan platform terbuka, end-to-end, dan multi-mode. Sekarang, teknologi ini terdiri dari empat komponen, yakni dashboard, kaca spion cerdas, infotainment, dan robot di dalam kendaraan.

Xiaodu In-Car OS didemonstrasikan di Baidu Create 2018 oleh Kia Sportage. Robot di dalam kendaraannya menampilkan berbagai macam emosi untuk berinteraksi dengan pengemudi dan berfungsi sebagai hub untuk komunikasi tanpa batas dengan kendaraan.

Robot ini secara interaktif menanggapi perintah yang diucapkan oleh penumpang untuk berbagai fungsi seperti navigasi, ventilasi, media, dan kunci pintu. Selain itu, Xiaodu menyertakan fitur keselamatan yang memperingatkan pengemudi saat mendeteksi kelelahan dan mengemudi yang tidak hati-hati.

Bidang kunci lain dari kerjasama Hyundai-Baidu adalah layanan pengenalan suara berdasarkan teknologi pemrosesan bahasa alami Baidu. Teknologi pengenal suara terkemuka dari Baidu akan digabungkan dengan teknologi pembatalan kebisingan milik Hyundai, yang menyaring suara latar belakang ambient untuk meningkatkan presisi, memungkinkan fleksibilitas untuk perintah suara di dalam kendaraan.

Dengan pemahaman bersama bahwa internet of things (IoT) adalah pusat dari mobilitas yang terhubung, Hyundai dan Baidu juga setuju untuk melanjutkan upaya mempercepat peluncuran layanan kendaraan-ke-rumah yang cerdas. Tujuan utama kemitraan adalah untuk mengamankan jaringan di pasar IoT yang kompetitif.

"Konvergensi ICT dan industri otomotif terjadi pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya, memotivasi kami untuk mengembangkan dan memberikan kemungkinan baru bagi pelanggan kami," kata Kyowoong Choo, Direktur dan Kepala Grup Pengembangan Infotainment di Hyundai Motor. "Melalui kemitraan kami dengan Baidu, kami akan mengembangkan kendaraan-terhubung-industri terkemuka yang melebihi harapan pelanggan."

Kemitraan Hyundai dengan Baidu dimulai pada 2015, ketika kedua perusahaan bersama-sama mengembangkan dan meluncurkan CarLife, platform infotainment dalam kendaraan.

Hyundai semakin memperkuat hubungannya dengan Baidu pada 2017, ketika produsen mobil menjadi yang pertama yang melengkapi kendaraan pasar China dengan sistem navigasi dan teknologi pengenalan suara Baidu yang terhubung. Bulan lalu, Hyundai secara resmi mengumumkan akan mengambil bagian dalam Apollo, program mengemudi otonom terbuka Baidu.

“Teknologi dan solusi penggerak cerdas Apollo yang terkemuka di industri menyediakan dukungan ekosistem end-to-end untuk mitra kami. Kami berharap dapat berkolaborasi dengan Hyundai untuk mencapai volume produksi kendaraan yang diaktifkan AI dan untuk memberikan pengalaman berkendara yang aman, nyaman dan nyaman bagi pelanggan kami, ”kata Tan Su, Manajer Umum Baidu Internet of Vehicles.

Pusat Strategis Mobil Terhubung

Tahun lalu, Hyundai membuka Pusat Data Besar global pertamanya di Provinsi Guizhou, China, untuk mengumpulkan dan menganalisis data dalam jumlah besar yang dikumpulkan dari perusahaan mobil yang terhubung. Fasilitas baru ini memungkinkan Hyundai untuk secara signifikan memperluas kemampuan R & D mobil terhubungnya, memajukan proyeksi pasarnya, dan meningkatkan operasi bisnis di China.

Pusat Data Besar di China meletakkan dasar untuk membangun Cloud Mobil yang berfokus di China, karena Hyundai Motor berencana untuk memanfaatkan keahlian dalam teknologi mobil terhubung yang dikumpulkan melalui pengalaman bertahun-tahun dengan operasi Hyundai Car Cloud di Korea, yang didirikan pada 2013.

Selain membuka Big Data Center, Hyundai juga menandatangani nota kesepahaman dengan China Unicom, penyedia telekomunikasi terbesar kedua di China, untuk bersama-sama mengembangkan platform prediktif-analitik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper