Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bos Tesla Bantu Penyelamatan 12 Bocah di Gua di Thailand dengan Kapal Selam Canggih

Miliarder Elon Musk ingin ikut membantu penyelamatan 12 anak laki-laki dan pelatih sepak bola mereka yang terperangkap di sebuah gua yang banjir di Thailand
Pendiri SpaceX Elon Musk. /Reuters
Pendiri SpaceX Elon Musk. /Reuters

Bisnis.com,  JAKARTAMiliarder Elon Musk ingin ikut membantu penyelamatan 12 anak laki-laki dan pelatih sepak bola mereka yang terperangkap di sebuah gua yang banjir di Thailand.

Musk ingin membantu dengan mengusulkan penyelamatan menggunakan kapal selam kecil ukuran anak-anak teknologi tinggi yang dibuat dari salah satu perusahaan roket orbital ruang angkasa.

Musk dikenal sebagai Chief Executive dari Tesla Inc. dan Space Exploration Technologies Corp itu, menyatakan sarannya tersebut melalui akun Twitter-nya. Dia pun menyebut telah menerima respon positif dari otoritas Thailand.

"Pembuatan [kapal selam] selesai dalam waktu sekitar 8 jam, kemudian 17 jam penerbangan ke Thailand," katanya dalam salah satu dari serangkaian pesan di akun Twitter-nya, seperti dikutip dari bloomberg, Senin (9/7).

Anak-anak dan pelatih mereka terperangkap di salah satu gua di utara negara itu selama sekitar dua minggu, dan hujan deras diperkirakan akan muncul ke depan. Tim penyelamat bergerak sangat cepat untuk menurunkan level air dengan pompa.

Seperti dihimpun bisnis.com, meski sudah ditemukan lokasinya, namun mereka tidak serta merta bisa lolos dari gua maut itu. Dua penyelam asal Inggris, John Volanthen dan Rick Stanton, adalah orang pertama yang mampu mencapai lokasi anak-anak itu. Keduanya, memang memiliki pengalaman yang banyak dalam penyelaman gua.

Mereka menemukan kelompok itu bersama dengan tim penyelam SEAL angkatan laut Thailand. Proses penyelamatan sejak awal berfokus pada gundukan yang sengaja strukturnya ditinggikan, dengan menjelajah area yang disebut "Pantai Pattaya", di ruang ketiga kompleks gua. Hal itu dilakukan untuk memberikan anak-anak yang terlibat perlindungan ketika hujan membanjiri gua.

Pilihan yang dipertimbangkan termasuk menunggu sampai tingkat air surut, atau mendesak kelompok tersebut menggunakan peralatan selam untuk menyelam di gua yang banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper