Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kendaraan Listrik Dunia Tembus 3 Juta Unit

Penjualan kendaraan listrik (electric vehicle) global melebihi angka 3 juta unit sepanjang 2017, jumlah itu naik 54% dibandingkan capaian pada 2016 di mana China menjadi salah satu pendorong utama pertumbuhan kendaran listrik.
Mobil listrik dihadirkan pada acara Kickoff Electrified Vehicle Comprehensive Study di Jakarta, Rabu (4/7/2018)./JIBI-Abdullah Azzam
Mobil listrik dihadirkan pada acara Kickoff Electrified Vehicle Comprehensive Study di Jakarta, Rabu (4/7/2018)./JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA—Penjualan kendaraan listrik (electric vehicle) global melebihi angka 3 juta unit sepanjang 2017, jumlah itu naik 54% dibandingkan capaian pada 2016 di mana China menjadi salah satu pendorong utama pertumbuhan kendaran listrik.

Laporan Internasional Energy Agency baru-baru ini menyebutkan China menjadi pasar mobil listrik terbesar di dunia. Hampir 580.000 unik kendaraan listrik terjual di China sepanjang 2017, naik 72% dibandingkan tahun 2016.

Penjualan tertinggi kedua terjadi di Amerika Serikat dengan 280.000 unit terjual, naik 12,5% dibandingkan tahun sebelumnya yang sebanyak 160.000 unit.

Penjualan mobil listrik di China dan Amerika Serikat itu membuat kontribusi kontribusi penjualan (pangsa pasar) mobil listrik mencapai masing-masing 2,2% dan 1,2% bagi kedua negara. Pangsa pasar terbesar penjualan mobil listrik terjadi di Norwegia yang mencapai 39,2% disusul Islandia 11,7% dan Swedia 6,3%.

Laporan tersebut menyebutkan Tiongkok menjadi salah satu pendorong penetrasi kendaraan listrik dunia.  Pada 2017, penjualan bus naik menjadi 370.000 unit dari 345.000 unit pada 2016, sementara roda dua elektrik mencapai 250 juta.

“Elektrifikasi moda transportasi didorong oleh China yang menyumbang lebih dari 99%  untuk bus listrik dan roda dua meskipun Eropa dan India juga tumbuh,” tulis laporan tersebut yang dikutip Minggu, (08/07/2018).

Sejalan dengan pertumbuhan jumlah kendaraan listrik global, infrastruktur pengisian daya juga tumbuh cepat. Sepanjang 2017, jumlah pengisi daya di rumah dan tempat kerja diperkirakan mencapai 3 juta di seluruh dunia. Terdapat sekitar 430.000 pengisi daya yang dapat diakses publik di mana seperempatnya merupakan pengisi daya cepat.

Adapun, beberapa faktor pendorong pertumbuhan jumlah kendaraan listrik di dunia antara lain kebijakan pemerintah termasuk pengadaan publik (procurement), insentif keuangan, dan mempeketat standar emisi polutan.

Faktor lain yang ikut mendukung ialah makin murahnya baterai yang disertai perbaikan kinerja yang lebih baik sehingga meningkatkan daya tarik kendaraan listrik. Hal itu dicapai dengan peningkatan skala produksi dan ukuran baterai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper