Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hino Kembangkan Fitur Pengemudian Darurat EDSS, Inilah Fungsi Utamanya

Hino Motors, Ltd. telah mengembangkan Emergency Driving Stop System (EDSS) yang berfungsi menghentikan kendaraan jika pengemudi dilumpuhkan oleh penyakit mendadak atau penyebab lainnya
Bus Hino S'Elega. /Hino
Bus Hino S'Elega. /Hino

Bisnis.com, TOKYO - Hino Motors, Ltd. telah mengembangkan Emergency Driving Stop System (EDSS) yang berfungsi menghentikan kendaraan jika pengemudi dilumpuhkan oleh penyakit mendadak atau penyebab lainnya.

Sistem ini dijadwalkan akan diperkenalkan sebagai perlengkapan standar pada bus Hino S’ELEGA di musim panas ini sekaligus menjadi sistem pertama di dunia yang disematkan pada kendaraan komersial.

"Di Hino, kami terlibat dalam pengembangan teknologi keamanan berdasarkan tujuan kami untuk secara aktif berkontribusi pada konsep zero kecelakaan yang memakan korban. Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah melihat sejumlah kecelakaan akibat kerusakan mendadak dalam kesehatan pengemudi, dan kami telah mengembangkan teknologi untuk menangani masalah ini," kata Presiden Presiden dan CEO Hino Yoshio Shimo.

Dalam kecelakaan yang diakibatkan oleh serangan mendadak dari pengemudi yang tiba-tiba atau kondisi lain yang melumpuhkan, kendaraan akan terus melakukan perjalanan tak terkendali dan ini berpotensi menyebabkan kecelakaan sekunder seperti kendaraan membelok ke jalur yang berlawanan atau menabrak pagar.

Cara efektif untuk mengurangi risiko tersebut adalah dengan menghentikan kendaraan sesegera mungkin setelah timbulnya masalah.

Hino juga telah mendapatkan laporan dari pelanggan bahwa mereka menginginkan sistem yang akan menghentikan kendaraan selama keadaan darurat ini. Sebagai produsen kendaraan komersial, Hino berusaha untuk menyediakan secepat mungkin teknologi yang akan membantu mencegah kecelakaan seperti itu.

"Kami telah mengkomersilkan EDSS yang dirancang untuk menghentikan kendaraan ketika sakelar rem darurat ditekan. Kami akan meluncurkan sistem ini musim panas ini sebagai perlengkapan standar pada armada besar Hino S’ELEGA.

"Kami akan terus melakukan pengembangan fungsional yang sedang berlangsung dan terus bekerja untuk meningkatkan fungsi keselamatan."

Hino Kembangkan Fitur Pengemudian Darurat EDSS, Inilah Fungsi Utamanya

Fungsi Utama

Sistem ini dirancang untuk menghentikan kendaraan ketika pengemudi tidak mampu karena sakit mendadak atau alasan lain. Ketika pengemudi atau anggota awak lainnya menekan tombol berhenti darurat yang terletak di kursi pengemudi, atau penumpang menekan tombol yang terletak di atas kursi penumpang, kendaraan mulai mengerem secara bertahap hingga berhenti.

Selama proses ini, bunyi buzz darurat dan lampu yang terpasang di saklar flash, dan flash merah berkedip untuk mengingatkan penumpang di dalam kendaraan darurat. Sistem ini juga membunyikan klakson kendaraan dan menyalakan lampu rem dan lampu rawan untuk memperingatkan pengguna jalan lainnya tentang masalah tersebut.

Skema Fungsi Sistem

Hino Kembangkan Fitur Pengemudian Darurat EDSS, Inilah Fungsi Utamanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper