Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah Diesel, Inilah Teknologi Kendaraan Rendah Emisi Pilihan : FutureLab@Mercedes-Benz Trucks

Mercedes-Benz telah memajukan pengembangan drive listrik, hidrogen, dan gas yang inovatif untuk beberapa waktu. Drive dan opsi bahan bakar mana yang memiliki keunggulan, dan rintangan apa yang harus diatasi?
Mercedes/Benz eActros. -Daimler
Mercedes/Benz eActros. -Daimler

Bisnis.com, STUTTGART - Mercedes-Benz telah memajukan pengembangan drive listrik, hidrogen, dan gas yang inovatif untuk beberapa waktu. Drive dan opsi bahan bakar mana yang memiliki keunggulan, dan rintangan apa yang harus diatasi?

Produsen kendaraan dan politisi sepakat bahwa mereka ingin mengurangi ketergantungan pada minyak dan, pada 2030, mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 30% rata-rata dibandingkan dengan 2005. Ini adalah sebuah usaha ambisius.

Oleh karena itu, Mercedes-Benz Trucks secara konsisten terus mengoptimalkan powertrain diesel konvensional, seperti yang telah dilakukan selama beberapa dekade.

Pada saat yang sama, target pengurangan jangka panjang yang disepakati hanya dapat dicapai dengan mengembangkan bahan bakar rendah CO2 dan nol-CO2 dan penggerak alternatif.

Mercedes-Benz Trucks mengadopsi pendekatan multi-cabang di sini, disesuaikan dengan bidang penggunaan tertentu.

Truk Listrik

Penggerak listrik untuk pengangkutan distribusi, pengangkutan jarak jauh juga merupakan titik fokus.

Mercedes-Benz Trucks akan semakin fokus pada drive listrik di masa depan. Pada tahap awal, area aplikasi tipikal akan berupa pengangkutan berat distribusi perkotaan. Di samping muatan dan volume muatan, persyaratan utama di sini termasuk keberlanjutan dan operasi yang tenang.

Mengingat sering berhenti, mengerem, dan berakselerasi, justru di sinilah keunggulan teknologi penggerak listrik baterai dapat digunakan secara penuh karena motor listrik dapat memulihkan energi.

Dengan kendaraan konsep Urban e-Truck yang diluncurkan pada Pameran Kendaraan Komersial Internasional 2016, Mercedes-Benz Trucks menjadi pabrikan pertama di dunia dengan truk berat bertenaga listrik.

Pelopor teknologi sekarang mengambil langkah berikutnya: dengan eActros, Mercedes-Benz Trucks akan segera menempatkan truk berat listrik pertama untuk pengangkutan distribusi di jalan bersama pelanggan. Dua varian dengan GVW 18 t dan 25 t masing-masing akan dikirimkan ke pelanggan pada 2018 untuk menguji kesesuaian untuk penggunaan sehari-hari dan ekonomi dalam kondisi nyata.

Tujuan jangka panjang: mengemudi bebas emisi lokal di lingkungan perkotaan dengan truk produksi seri. Pada saat yang sama, Mercedes-Benz Trucks memvalidasi teknologi yang juga akan mampu menggerakkan truk pengangkut jarak jauh tugas berat tanpa emisi di masa depan.

Dalam hal ini, muatan yang tinggi dalam kombinasi dengan jarak tempuh yang tinggi dan tingkat ketersediaan yang sangat tinggi akan memainkan peran yang sangat penting.

Kerja sama yang erat antara para insinyur pengembangan di berbagai merek truk Daimler membantu di sini. Perusahaan baru-baru ini menghadirkan Freightliner eCascadia, truk listrik tugas berat untuk operasi jarak jauh (> 15 t GVW) di Portland (Oregon).

Varian elektrik sepenuhnya - Freightliner eM2 106 - mencakup segmen medium-duty (9 t hingga 12 t GVW) di pasar Amerika Utara. Daimler Trucks North America (DTNA) berencana untuk menyerahkan armada inovasi sekitar 30 truk listrik kepada pelanggan pertama di AS selama tahun ini.

Seperti yang telah terjadi dengan truk tugas ringan FUSO eCanter dan tugas-tugas menengah Mercedes-Benz eActros, tujuan Daimler di sini adalah untuk mendapatkan temuan baru bersama dengan pelanggan dan menetapkan bagaimana truk listrik dapat digunakan seefisien mungkin di hari operasi transportasi sehari-hari.

Truk Gas

Penggerak gas alam sudah tersedia di pasar untuk kendaraan kota.

Kendaraan bertenaga gas alam adalah salah satu konsep penggerak alternatif yang paling dapat dipasarkan. Argumen yang menguntungkan termasuk fakta bahwa ia membakar bahan bakar lebih bersih daripada drive diesel dan karena itu memerlukan gas pengasahan aftertreatment kurang kompleks, yang mengurangi baik biaya sistem dan berat.

Lebih jauh lagi, mesin gas alam menghasilkan sekitar 10% lebih sedikit gas rumah kaca daripada setara solar mereka dan hingga 20% lebih rendah daripada rekan bensin mereka. Ketika biometana digunakan dalam bentuknya yang murni atau sebagai campuran, emisi CO2 yang baik bahkan masih lebih rendah.

Dengan Econic NGT (Natural Gas Technology) yang tersedia sejak 2014, Mercedes-Benz Trucks menawarkan kendaraan dengan mesin yang menggunakan gas alam terkompresi (CNG) dalam portofolio produknya. Penggunaan teknologi baru untuk pembakaran gas alam yang sangat efisien dalam mesin diesel dapat membuat gas alam semakin menarik, bahkan untuk truk tugas berat yang digunakan untuk pengangkutan jarak jauh.

Truk Hidrogen

Drive sel bahan bakar memiliki efisiensi tinggi.

Penggerak sel bahan bakar menggunakan reaksi kimia hidrogen dengan oksigen untuk menghasilkan tenaga, yang memungkinkan motor listrik untuk digerakkan. Teknologi ini menawarkan efisiensi hingga 55%, membuatnya jauh lebih efisien daripada mesin pembakaran. Ini berarti bahwa keseimbangan energi total juga lebih baik.

Tidak ada pertanyaan tentang potensi teknologi sel bahan bakar dan penggunaan hidrogen sebagai penyimpanan energi. Oleh karena itu hidrogen berperan besar dalam diskusi iklim di seluruh dunia. Hidrogen yang dihasilkan menggunakan energi terbarukan di atas semuanya memungkinkan pengurangan substansial dalam emisi CO2 yang merusak iklim. Pengoperasian kendaraan sel bahan bakar semacam itu tidak menyebabkan polutan lokal atau emisi CO2. Satu-satunya emisi adalah uap air.

Aliansi untuk infrastruktur hidrogen

Selain kompatibel dengan lingkungan dan menawarkan kinerja tingkat tinggi, hidrogen sebagai sumber energi mudah dipindahkan dan memungkinkan pengisian bahan bakar yang cepat. Ini adalah alasan mengapa para pengembang di Mercedes-Benz Trucks sangat dekat pada opsi yang ditawarkan teknologi ini untuk transportasi angkutan darat.

Di samping kegiatan ini, Mercedes-Benz terlibat dalam kegiatan yang sedang berlangsung untuk terus memperluas jaringan stasiun pengisian H2 yang ada. Persyaratan kendaraan komersial menjadi semakin penting di sini.

Faktor yang menentukan berkaitan dengan penetrasi pasar teknologi sel bahan bakar adalah keberadaan jaringan yang efektif dari stasiun pengisian hidrogen.

Dengan pembentukan usaha bersama lintas industri H2 MOBILITY Deutschland GmbH & Co.KG kembali pada 2015 bersama dengan Air Liquide, Linde, OMV, Shell dan Total, Daimler AG meletakkan fondasi untuk secara bertahap memperluas jaringan stasiun pengisian hidrogen Jerman-lebar hingga 400 stasiun pada 2023.

Jaringan stasiun pengisian bahan bakar H2 Jerman telah berkembang dengan laju yang meningkat sejak usaha patungan itu dibentuk. Pada 5 Maret 2018, SPBU Total di Ingolstadt menjadi stasiun pengisian hidrogen Jerman ke-45 yang dibuka untuk bisnis. Rencananya adalah untuk jaringan hingga 400 stasiun pengisian hidrogen pada 2023.

Proyek infrastruktur serupa sedang maju di tingkat Eropa dan internasional, juga (terutama di Jepang, tetapi juga di Amerika Serikat dan Korea).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper