Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jerman Uji Coba Konvoi Truk Otonom untuk Logistik

Pemerintah Jerman memulai uji coba konvoi truk logistik di jalan raya A9 sepanjang 145 km dari Neufahrn menuju Nuremberg. Proyek riset yang menelan dana 2 juta euro ini untuk menguji kecerdasan interaksi manusia, mesin dan material dalam pengemudian otonom dan jaringan.
Menteri Federal Transportasi dan Infrastruktur Digital Andreas Scheuer hadir memberangkatkan pleton truk dari kantor cabang DB Schenker di Neufahrn dekat Munich melalui bidang uji digital A9 ke Nuremberg. /Volkswagen
Menteri Federal Transportasi dan Infrastruktur Digital Andreas Scheuer hadir memberangkatkan pleton truk dari kantor cabang DB Schenker di Neufahrn dekat Munich melalui bidang uji digital A9 ke Nuremberg. /Volkswagen

Bisnis.com, MUNICH - Pemerintah Jerman memulai uji coba konvoi truk logistik di jalan raya A9 sepanjang 145 km dari Neufahrn menuju Nuremberg. Proyek riset yang menelan dana 2 juta euro ini untuk menguji kecerdasan interaksi manusia, mesin dan material dalam pengemudian otonom dan jaringan.

Di hadapan Menteri Federal Transportasi dan Infrastruktur Digital Andreas Scheuer, sebuah "pleton" truk berangkat dari kantor cabang DB Schenker di Neufahrn dekat Munich melalui bidang uji digital A9 ke Nuremberg. Pemerintah federal mendanai proyek percontohan dengan sekitar 2 juta euro.

Menteri Perhubungan Federal Andreas Scheuer mengatakan bahwa ini adalah proyek penelitian visioner untuk situs uji digital, jalan raya A9. Proyek ini menandai dimulainya pengangkutan jalan di masa depan secara otomatis dan jaringan.

"Kami menghadirkan teknologi besok ke jalan-jalan hari ini, menguji kecerdasan interaksi manusia, mesin dan material Peluang kami: proses logistik — dari jalan ke pelanggan — dapat menjadi lebih aman, lebih efisien, dan lebih ramah lingkungan.Dan pengemudi truk dapat menjadi spesialis logistik modern dalam truk digital," katanya seperti dikutip dalam siaran pers Volkswagen, Senin (25/6/2018).

Penggerak Inovasi

Uji coba reguler truk-truk jaringan dimulai mulai Senin (25/6/2018), sepanjang rute 145 kilometer. Uji coba sedang dilakukan tanpa beban sampai awal Agustus. Setelah itu, peleton akan berada di jalan setiap hari, membuat hingga tiga perjalanan logistik rutin dan sarat dengan sebagian muatan, misalnya, suku cadang mesin, minuman, atau kertas.

Mitra proyek dengan demikian melakukan pekerjaan pionir. "Ini penggunaan pertama peleton truk di Jerman akan menetapkan standar baru di pasar logistik, dari mana pelanggan kami akan mendapat keuntungan pertama dan terutama," kata Alexander Doll, Anggota Dewan DB untuk Angkutan dan Logistik Angkutan. "Dengan proyek ini, DB Schenker menunjukkan apa yang penting bagi perusahaan di seluruh dunia di masa depan: memajukan inovasi melalui kemitraan baru."

Dengan menggunakan teknologi ini, DB Schenker memperluas model bisnis digitalnya. "Hari ini, kami di DB sekali lagi membawa teknologi baru ke jalan. Dengan proyek peletonan, kami semakin memperluas peran perintis kami di bidang mengemudi otonom dan jaringan," tegas Prof Dr Sabina Jeschke, Anggota Dewan DB untuk Digitalisasi dan Teknologi.

Dengan MAN Truck & Bus dan DB Schenker, dua perusahaan terkemuka di dunia dalam sektor mereka bekerja sama untuk bersama-sama mempromosikan subjek mengemudi otomatis. "Ini bukan hanya tentang menggunakan teknologi. Ini tentang mengintegrasikannya secara efektif ke dalam seluruh rantai logistik. Temuan dari proyek bersama merupakan langkah penting menuju pengembangan seri. Ini akan memberi MAN peran utama dalam otomatisasi dan digitalisasi kendaraan komersial, "kata Joachim Drees, CEO MAN Truck & Bus AG.

Jerman Uji Coba Konvoi Truk Otonom untuk Logistik

Teknologi Baru

Selama tes praktis yang belum pernah dilakukan sebelumnya, teknologi peleton untuk penggunaan logistik akan lebih dioptimalkan, misalnya berkenaan dengan keamanan sistem, konsumsi bahan bakar, dan penggunaan ruang yang lebih baik di jalan raya. Mitra proyek juga berharap untuk mendapatkan wawasan tentang penerimaan sosial dari gaya mengemudi jaringan, serta kebijakan transportasi dan prasyarat infrastruktur.

Manusia Prioritas Utama

Sejak kolaborasi dimulai pada Mei 2017 dan penyerahan resmi kendaraan uji oleh MAN pada bulan Februari tahun ini, para pengemudi truk telah dipersiapkan untuk peran mereka dalam proyek melalui pelatihan intensif.

Efek psikososial dan neurofisiologis dari teknologi baru pada driver di peleton akan diperiksa oleh Hochschule Fresenius dengan studi yang menyertainya. Ini akan memungkinkan pengalaman penting dari pengemudi truk untuk dimasukkan dan profil pekerjaan mereka dikembangkan lebih lanjut.

"Sudah jelas bahwa digitalisasi mobilitas dan sistem transportasi mengarah pada persyaratan baru bagi karyawan di industri," kata Prof Dr Christian Haas, Direktur Institut Penelitian Kesehatan Kompleks di Hochschule Fresenius. "Kami berharap bahwa temuan kami juga dapat berkontribusi untuk pemahaman yang lebih baik dan desain antarmuka humanmachine digital lainnya."

Fungsionalitas Peletonan

Istilah "peletonan" mengacu pada sistem yang digunakan kendaraan di jalan di mana setidaknya dua truk mengemudi dalam konvoi yang ketat di jalan bebas hambatan, didukung oleh bantuan pendorong teknis dan sistem kontrol.

Semua kendaraan di peleton dihubungkan satu sama lain oleh "drawbar" elektronik yang menggunakan komunikasi kendaraan-ke-kendaraan. Truk di depan mengatur kecepatan dan arah, dan yang lain mengikuti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper