Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemasok Komponen ZF Kembangkan Van Listrik dengan Start-up

Pemasok autos Jerman ZF Friedrichshafen berencana memproduksi kendaraan listrik dengan e.Go Mobile start-up yang membantu mengembangkan Streetscooter Deutsche Post DHL.
Mobil ZF. /ZF
Mobil ZF. /ZF

Bisnis.com, FRIEDRICHSHAFEN - Pemasok autos Jerman ZF Friedrichshafen berencana memproduksi kendaraan listrik dengan e.Go Mobile, perusahaan rintisan yang membantu mengembangkan Streetscooter Deutsche Post DHL.

ZF telah membentuk usaha patungan yang disebut e.Go Move, di mana ia memegang 40 saham, untuk menghasilkan van listrik yang dapat digunakan sebagai kendaraan pengiriman atau minibus berkapasitas hingga 15 orang.

"Kami meluncurkan perusahaan ini untuk mencapai posisi pasar terkemuka di segmen transportasi penumpang ini," kata Chief Executive Wolf-Henning Scheider, seperti dikutip Reuters.

Pemasok tidak terdaftar yang berbasis di Friedrichshafen, sebuah kota di tepi Danau Constance, ingin mengurangi ketergantungannya pada mobil bermesin pembakaran, dan telah berusaha untuk membangun keahliannya dalam komponen untuk kendaraan otonom dan listrik.

ZF mengatakan bahwa kendaraan yang ditujukan untuk penggunaan kota pada akhirnya akan berkembang kearah otonom, memprediksi permintaan global untuk 1 juta mobil seperti itu dalam 5-7 tahun ke depan.

Scheider mengatakan ZF tidak ingin menjadi pesaing bagi pelanggannya, tetapi ingin bekerja dengan perusahaan baru karena lebih fleksibel daripada pembuat mobil besar, membantunya membuat kemajuan pesat dengan pengembangan mengemudi otonom.

“Kami sedang membangun pabrik kedua di Aachen - dalam kecepatan hampir China 15 bulan," kata Kepala e.Go Mobile, Guenther Schuh.

ZF akan menyediakan pembiayaan lebih dari 100 juta euro (US$117 juta), tetapi juga memberikan motor listrik, kemudi, rem dan fungsi mengemudi otomatis dan kemudi.

Kendaraan pertama harus siap pada paruh kedua 2019 dengan jumlah awal 400, meningkat menjadi 2.500 unit - 3.500 unit pada 2020 dan kemudian 15.000 unit pada 2021.

Scheider mengambil alih pada Februari setelah CEO dan ketua sebelumnya pergi setelah pemilik perusahaan memblokir pengambilalihan pemasok komponen kendaraan komersial AS, Wabco Holdings.

Pada Selasa, Scheider mengatakan dia tidak mengharapkan akuisisi besar dalam waktu dekat, meskipun itu melihat peluang sebagai ZF telah mengurangi utangnya setelah pembelian US$13,5 miliar dari TRW Automotive Holdings Corp di AS pada 2015.

Ditanya apakah Wabco masih bisa menarik, Scheider mengatakan rem bukan prioritas untuk ZF saat ini karena fokus pada beralih ke mengemudi listrik dan otonom. Dia menambahkan bahwa saham ZF dalam kelompok sistem rem Swedia Haldex hanyalah sebuah investasi keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper