Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Audi e-Tron Prototipe: Desain Aerodinamis Canggih Mobil Listrik

Audi AG, pabrikan mobil mewah milik Volkswagen, menampilkan e-Tron Prototipe, sebuah mobil bertenaga listrik dengan desain aerodinamis canggih.
Audi e-Tron. /Audi
Audi e-Tron. /Audi

Bisnis.com, INGOLSTADT - Audi AG, pabrikan mobil mewah milik Volkswagen, menampilkan e-Tron Prototipe, sebuah mobil bertenaga listrik dengan desain aerodinamis canggih.

Semakin baik aerodinamika mobil listrik, semakin jauh ia melakukan perjalanan. Dalam siaran pers Audi yang diterima Bisnis, Kamis (31/5/2018), dengan koefisien hambatan 0,28, prototipe Audi e-Tron mencapai hasil teratas di segmen SUV.

Angka ini merupakan faktor penentu dalam jangkauan sehari-hari lebih dari 400 kilometer (248,5 mil) dalam siklus WLTP. Cermin eksterior virtual merupakan satu sorotan dalam konsep aerodinamis model kelas premium serba listrik ini.

Skenario: tes ketahanan di terowongan angin.

Di depan rotor low-noise berukuran sekitar 5 meter (16,4 kaki) dengan diameter, prototipe Audi e-Tron menatap ke mata badai. Pada rig uji aeroacoustika di Wind Tunnel Centre di Ingolstadt, terowongan angin kendaraan paling tenang di dunia, para insinyur Audi mengoptimalkan hambatan dan kebisingan dalam kondisi ekstrim.

Keduanya sangat penting untuk efisiensi dan kenyamanan mobil. Dengan output 2,6 megawatt, kipas menghasilkan kecepatan hingga 300 km/jam (186,4 mph). Prototipe e-tron Audi telah menjalani lebih dari 1.000 jam pengujian di sini.

Hasilnya: koefisien drag 0,28. Pelanggan mendapat manfaat langsung dari angka rendah ini karena seret berkontribusi secara meyakinkan ke kisaran tinggi lebih dari 400 kilometer (248,5 mil) dalam siklus WLTP. Seratus angka koefisien hambatan mewakili kisaran sekitar lima kilometer (3,1 mil) mengemudi dalam kondisi sehari-hari.

Audi e-Tron Prototipe: Desain Aerodinamis Canggih Mobil Listrik

Seret: penting dalam perjalanan jauh

Pada perjalanan panjang di mana prototipe Audi e-tron sempurna di rumah, hambatan merupakan kunci pendorong perlawanan - jauh lebih penting daripada hambatan dan inersia bergulir. Energi hilang yang dibutuhkan mobil untuk mengatasi hambatan ini. Itulah mengapa aerodinamika yang baik sangat penting. Namun, di lalu lintas perkotaan, faktor-faktor lain ikut berperan. Di sini mobil listrik dapat memulihkan sebagian besar energi yang digunakan saat mengerem, sehingga mengurangi pentingnya massanya.

Untuk mencapai koefisien drag 0,28, para insinyur Audi mengembangkan berbagai ukuran aerodinamis di seluruh area tubuh. Beberapa solusi teknis ini terlihat pada pandangan pertama, sementara yang lain memenuhi tujuan mereka yang tersembunyi dari pandangan. Berkat solusi ini, koefisien drag untuk prototipe e-tron Audi hampir 0,07 kurang dari untuk kendaraan bertenaga konvensional yang sebanding.

Dengan profil penggunaan tipikal, pengaturan ini meningkatkan jangkauan sekitar 35 kilometer (21,7 mil) per pengisian baterai dalam siklus WLTP.

Audi e-Tron Prototipe: Desain Aerodinamis Canggih Mobil Listrik

Solusi cerdas: cermin eksterior virtual dan lesung pipi di bagian bawah bodi mobil

Cermin eksterior virtual opsional akan membuat premiere dunia mereka dalam versi volume produksi prototipe e-tron Audi. Mereka jauh lebih sempit daripada cermin standar. Mereka mengurangi lebar kendaraan sebesar 15 cm (5,9 inci) dan, berkat bentuk baru, tidak hanya mengurangi hambatan, tetapi juga secara nyata memangkas kebisingan angin yang rendah. Masing-masing mendukung datar mereka mengintegrasikan kamera kecil.

Gambar yang dipotret muncul pada layar OLED dalam transisi antara panel instrumen dan pintu. Cermin eksterior virtual dapat disesuaikan untuk berbagai situasi mengemudi, sehingga berpotensi meningkatkan keselamatan. Tiga pandangan tersedia dalam sistem MMI - untuk mengemudi, berbelok, dan parkir di jalan raya.

Faktor penting lainnya adalah suspensi udara adaptif standar: suspensi pneumatik dengan peredaman yang dapat disesuaikan. Pada kecepatan di atas 120 km / jam (74,6 mph), itu menurunkan tubuh hingga 26 milimeter (1,0 in) di bawah posisi normal, sehingga mengurangi hambatan.

Bagian bawah bodi dari SUV elektrik sepenuhnya tertutup; bagian depan dan belakang sepenuhnya tertutup. Di bawah sel penumpang, pelat aluminium melindungi baterai tegangan tinggi terhadap kerusakan dari bawah, seperti chipping atau trotoar batu. Titik-titik boltingnya datang dengan lekukan berbentuk mangkuk, mirip dengan lesung pipit pada bola golf. Mereka membuat aliran udara jauh lebih baik daripada permukaan yang benar-benar datar.

Saluran masuk udara dingin yang dapat dikontrol - bingkai di belakang rangka tunggal dengan dua kisi yang dioperasikan secara elektrik - juga membantu mengurangi hambatan.

Ketika menutup, udara di daerah ini mengalir dengan hampir tidak ada pusaran. Segera setelah komponen drivetrain perlu didinginkan atau kondensor AC memerlukan ventilasi, louver atas terbuka terlebih dahulu dan kemudian kedua louvers.

Ketika rem roda hidraulik dikenakan beban tinggi, saluran udara dingin yang dapat dikontrol terbuka dan melepaskan dua saluran yang menyalurkan udara pendingin ke lengkungan roda depan ke rem.

Audi e-Tron Prototipe: Desain Aerodinamis Canggih Mobil Listrik

Saluran udara samping di bagian depan prototipe e-Tron Audi menggabungkan saluran tambahan, yang jelas terlihat dari luar, ke lengkungan roda. Mereka menyalurkan aliran udara sehingga mengalir melewati bagian luar roda standar 19-inch yang dioptimalkan secara aerodinamis.

Desainnya lebih datar dibandingkan dengan roda konvensional. Ukuran ban 255/55 menonjol dengan tahanan rolling ultralnya. Bahkan dinding samping ban menambah desain aerodinamis - tulisannya negatif, bukan dibesarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper