Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMW Brilliance Auto Ekspansi Pabrik Baterai di China

Setelah 7 bulan membuka pabrik baterai kendaraan listrik di China, BMW Group melakukan perluasan fasilitas produksi tersebut untuk mengantisipasi peningkatan permintaan kendaraan listrik murni maupun hibrida.
Peletakan batu pertama proyek perluasan pabrik baterai BMW Brilliance Auto. /BMW
Peletakan batu pertama proyek perluasan pabrik baterai BMW Brilliance Auto. /BMW

Bisnis.com, MUNICH - Setelah 7 bulan membuka pabrik baterai kendaraan listrik di China, BMW Group melakukan perluasan fasilitas produksi tersebut untuk mengantisipasi peningkatan permintaan kendaraan listrik murni maupun hibrida.

BMW Group terus mendorong ekspansi elektro-mobilitas sebagai bagian dari Strategi NUMBER ONE > NEXT. Untuk mencapai hal ini, perusahaan menyesuaikan struktur produksinya dengan permintaan yang meningkat untuk kendaraan listrik.

Melalui perusahaan patungan BMW Brilliance Automotive (BBA), ekspansi pabrik di China tersebut secara resmi ditandai dengan peletakan batu pertama pada Senin (28/5/2018).

Pada Pusat Baterai Tegangan Tinggi Tahap II, BBA akan menghasilkan baterai baru yang lebih kuat dari teknologi eDrive BMW generasi kelima untuk BMW iX3 yang sepenuhnya elektrik. Mulai 2020, BMW iX3 akan dibangun di pabrik BBA di Dadong.

Oliver Zipse, Anggota Dewan Manajemen BMW AG, yang bertanggung jawab untuk Produksi mengatakan bahwa BMW memulai tahap berikutnya dari model elektrik yang ofensif.

"Dalam hal ini, kami semakin meningkatkan kapasitas produksi baterai lokal kami. Ini memungkinkan kami untuk mengikuti peningkatan permintaan untuk mobilitas elektro di China,” ujarnya dalam siaran pers BMW Group.

China adalah pasar tunggal terbesar BMW Group dan penentu kecepatan bagi mobilitas global di seluruh dunia. Dengan enam model elektrifikasi yang tersedia saat ini, BMW Group menawarkan kepada pelanggan Cina pilihan yang paling luas di segmen premium.

Pada 2017, Grup BMW lebih dari dua kali lipat penjualan kendaraan listrik di China dari tahun sebelumnya dan mengharapkan pertumbuhan ini berlanjut pada 2018.

Awal tahun ini, produksi BMW Seri 5 Plug-in Hybrid baru dilakukan di pabrik BBA, Dadong. Perluasan pabrik baterai menggarisbawahi komitmen BMW Group ke China.

BMW Brilliance Auto Ekspansi Pabrik Baterai di China

Integrasi Produksi Mobil Listrik.

BMW Group adalah pelopor dalam elektromobilitas. Pabrik di Leipzig mulai membangun BMW i3 listrik penuh pada 2013. Saat ini, BMW Group memproduksi mobil dengan mesin pembakaran pada jalur yang sama dengan hibrida plug-in di sepuluh lokasi di seluruh dunia.

Tiga pabrik baterai di Jerman, AS dan China memasok produksi lokal kendaraan beraliran listrik dengan baterai. Di masa depan, produksi kendaraan listrik murni akan diintegrasikan ke dalam struktur manufaktur yang ada.

Oliver Zipse mengatakan, “Pemanfaatan maksimum kapasitas pabrik adalah prioritas bagi kami. Itulah mengapa kami mendesain sistem produksi kami sehingga kami dapat membangun model dengan kereta penggerak listrik atau mesin penggerak listrik sepenuhnya pada jalur perakitan yang sama.”

Selain itu, dua arsitektur kendaraan fleksibel yang disempurnakan akan cocok untuk semua bentuk drive, sehingga mengurangi kerumitan dalam produksi.

Hal ini memberikan fleksibilitas produksi maksimum Grup BMW dan memungkinkannya merespons dengan cepat permintaan pasar dan pelanggan di seluruh dunia. Ini juga memastikan pemanfaatan kapasitas produksi yang optimal, menghindari investasi tinggi dan menciptakan keamanan kerja.

BMW Brilliance Auto Ekspansi Pabrik Baterai di China

BMW Brilliance Automotive (BBA).

Usaha patungan BBA Brilliance Automotive didirikan pada 2003. Selama 15 tahun terakhir, perusahaan ini telah menjadi salah satu produsen mobil premium paling sukses di China, yang meliputi produksi dan penjualan mobil BMW di China, serta tugas-tugas pembangunan lokal.

Pada 2017, pabrik otomotif BBA di Tiexi dan Dadong menghasilkan hampir 400.000 kendaraan untuk pasar China, meningkat sekitar 30% per tahun. Kapasitas maksimum kedua pabrik akan mencapai 520.000 unit per tahun mulai 2019.

Sejak 2009, perusahaan patungan telah menginvestasikan lebih dari 52 miliar RMB (sekitar 6,7 miliar euro) di pabrik BBA, dan mempekerjakan lebih dari 16.000 orang.

Pada 2014, BMW Group dan Brilliance China Automotive Holdings Ltd memperpanjang kontrak usaha patungan mereka lebih awal dan meletakkan dasar untuk memperdalam kerjasama yang sukses. Kontrak diperpanjang berlaku selama 10 tahun (2018-2028).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper