Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Permintaan Mobil Fuel Cell, Toyota Siapkan Produksi Massal Sel Bahan Bakar & Tangki Hidrogen

Toyota melihat penjualan global kendaraan listrik sel bahan bakar (FCEV) meningkat secara signifikan setelah 2020, hingga setidaknya 30.000 per tahun dari 3.000 hari ini. Untuk menyambut pertumbuhan ini, perusahaan meluncurkan rencana untuk dua fasilitas utama baru, Kamis (24/5/2018) hari ini.
Gedung produksi tumpukan FC di dalam area Pabrik Honsha. /Toyota
Gedung produksi tumpukan FC di dalam area Pabrik Honsha. /Toyota

Bisnis.com, TOYOTA CITY Toyota melihat penjualan global kendaraan listrik sel bahan bakar (FCEV) meningkat secara signifikan setelah 2020, hingga setidaknya 30.000 per tahun dari 3.000 hari ini. Untuk menyambut pertumbuhan ini, perusahaan meluncurkan rencana untuk dua fasilitas utama baru, Kamis (24/5/2018) hari ini.

Kedua fasilitas itu mencakup bangunan baru dekat pabrik mobil untuk memperluas produksi massal sel bahan bakar tumpukan, dan jalur baru di pabrik yang ada untuk memproduksi tangki hidrogen bertekanan tinggi.

Tumpukan FC inilah yang menghasilkan listrik on-board dari hidrogen dan oksigen yang mendorong FCEVs dengan nol emisi, dan tangki menyimpan bahan bakar hidrogen.

Memproduksi kedua komponen dalam skala sangat penting untuk mencapai biaya sistem yang lebih rendah dan ketersediaan yang lebih luas untuk pertumbuhan dan penjualan FCEVs lebih lanjut.

Perluasan fasilitas produksi

Untuk meningkatkan output tumpukan FC, Toyota akan memindahkan produksi dari lokasinya saat ini, di salah satu bangunan yang ada di Pabrik Honsha di Toyota City, ke fasilitas teknologi tinggi delapan lantai yang baru di tempat yang sama, dekat lokasi pabrik mobil pertama perusahaan pada 1938.

Produksi tangki hidrogen bertekanan tinggi akan ditangani oleh jalur khusus baru yang akan ditambahkan di dekat Shimoyama Plant (No. 3) di Miyoshi City (Prefektur Aichi).

Sebelumnya, tank hidrogen dirakit di pabrik Honsha pada skala yang lebih kecil. Tank hidrogen Toyota terbuat dari serat karbon ekstra tebal dan dibangun untuk menahan dampak besar.

Fasilitas baru diharapkan dapat membantu secara signifikan dalam upaya mengurangi emisi CO2 selama tahap produksi. Ini adalah salah satu inisiatif untuk Tantangan Emisi CO2 Nol Pabrik di Toyota Environmental Challenge 2050 yang diumumkan pada Oktober 2015.

Konstruksi jalur tangki hidrogen baru di Shimoyama sudah dimulai sekarang, sedangkan bagian luar untuk fasilitas produksi tumpukan baru sudah selesai dan pekerjaan sekarang akan mulai di pedalaman. Rincian fasilitas masing-masing akan diumumkan kemudian dengan maksud untuk memulai operasi sekitar 2020.

Memperluas penjualan FCEV ke lebih banyak negara dan wilayah.

Sebagai teknologi, sel bahan bakar sudah matang dan siap untuk ditingkatkan. Toyota memimpin dalam memasarkan sedan sel bahan bakar yang diproduksi secara massal, Mirai, pada Desember 2014.

Produksi dan penjualan tahunan telah meningkat setiap tahun, mulai dari sekitar 700 unit pada 2015, hingga sekitar 2.000 unit pada 2016, dan, terakhir sekitar 3.000 unit pada 2017.

Namun, untuk mendorong penggunaan yang lebih luas dari kendaraan nol-emisi bertenaga hidrogen, kebutuhan popularisasi akan dimulai pada 2020-an. Toyota menargetkan penjualan tahunan FCEVs di atas 30.000 unit secara global saat itu.

Saat ini, Mirai dijual di sebelas negara, yakni Jepang, Amerika Serikat, dan sembilan negara di Eropa.

Toyota bekerja untuk mengembangkan lingkungan yang memungkinkan FCEV dijual di lebih banyak negara dan wilayah di masa depan. Sebagai bagian dari ini, tes demonstrasi Mirai saat ini sedang berlangsung di Australia, Kanada, China, dan AS.

Toyota sedang memeriksa permintaan untuk FCEVs sambil terus membantu dengan inisiatif untuk mempromosikan pengembangan infrastruktur hidrogen.

Di pasar Jepang, Toyota menargetkan penjualan setidaknya 1.000 unit FCEV per bulan dan lebih dari 10.000 unit per tahun mulai 2020. Wilayah penjualan di Jepang akan diperluas lebih jauh dari empat wilayah metropolitan utama saat ini untuk memungkinkan lebih banyak pelanggan untuk menikmati Mirai.

Di sisi komersial, Toyota memulai penjualan bus FC ke Pemerintah Metropolitan Tokyo pada Februari 2017, dan memperkenalkan versi terakhir, Sora, pada 2018 dengan tiga unit tambahan. Toyota ingin menjual setidaknya 100 bus seperti menjelang Olimpiade dan Paralympic Games Tokyo 2020.

Ke depan, Toyota akan memperluas jangkauan produk FCEV dan terus memperkuat daya tarik produk, yang bertujuan untuk menurunkan biaya. Selain itu, Toyota akan tetap bekerja dengan Toyota Group dan perusahaan lain untuk mengembangkan infrastruktur pasokan hidrogen dan membangun rantai pasokan hidrogen karbon rendah. Melalui ini dan inisiatif lainnya, perusahaan secara aktif berkontribusi terhadap perwujudan masyarakat berbasis hidrogen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper