Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SKF Swedia Rasakan Kekuatan Pasar Mobil Listrik China

SKF Swedia melihat peningkatan permintaan untuk bantalan (bearing) dari China, di mana permintaan untuk mobil listrik berarti memenangkan setidaknya satu kontrak baru setiap bulan, karena pemasok beradaptasi dengan perubahan teknologi mobil.
Gedung Pabrik SKF Automotive di Jinan, China. /SKF
Gedung Pabrik SKF Automotive di Jinan, China. /SKF

Bisnis.com, GOTHENBURG - SKF Swedia melihat peningkatan permintaan untuk bantalan (bearing) dari China, di mana permintaan untuk mobil listrik berarti memenangkan setidaknya satu kontrak baru setiap bulan, karena pemasok beradaptasi dengan perubahan teknologi mobil.

Kepala Otomotif SKF Bernd Stephan mengatakan bahwa sementara penjualan mobil listrik juga meningkat di Eropa, dan di China melonjak.

"Kami memiliki keuntungan besar dari bisnis baru di bidang ini. Ada begitu banyak proyek yang bermunculan, dan kami sedang berdiskusi permanen dengan para pelanggan ini," kata Stephan kepada Reuters, Selasa (22/5/2018).

Mobil listrik memiliki dampak besar pada produsen bearing karena biasanya memuat sekitar setengah dari mobil mesin pembakaran.

Sementara SKF fokus pada bagian-bagian seperti bantalan dan segel, saingan termasuk Jerman Schaeffler sedang mengembangkan garis penggerak listrik penuh. Tetapi SKF sebagian besar terlindungi karena hanya 4 persen produknya yang masuk ke mesin pembakaran dan bantalan roda adalah produk terbesarnya.

"Apa yang kami kehilangan di sisi mesin pembakaran, kami mendapatkan di sisi motor listrik," kata Stephan, dengan tahap peralihan lebih banyak mobil hibrida juga positif.

RIVAL CHINA

Pasar bantalan otomotif sangat kompetitif dan sensitif terhadap harga dan munculnya saingan China telah menambah kekhawatiran atas profitabilitas jangka panjang.

Stephan mengatakan dia tidak melihat alasan mengapa SKF tidak dapat menangani saingan China, lantaran bisa menggunakan baja yang lebih murah dan komponen yang berbeda untuk menurunkan biaya produksi untuk bearing yang bukan produk kelas atas.

“Mengapa kami harus kurang kompetitif daripada mereka? Kami memiliki produksi yang sama seperti yang mereka lakukan, kami tidak memproduksi bantalan hanya di Eropa.”

SKF Automotive, yang juga bersaing dengan perusahaan Jepang NTN, NSK dan JTEKT dan perusahaan China seperti C&U Group, menyumbang 31% dari penjualan SKF 2017.

Meskipun bisnis telah menjadi masalah bagi grup, rencana turnaround 2015 telah mulai bekerja dan hampir mencapai target margin 8% yang sulit dipahami pada kuartal pertama. Fokus utamanya adalah pada bantalan dan segel yang sangat disesuaikan.

Tapi sementara unit otomotif juga menjual bantalan standar, mereka dibuat di pabrik bisnis industri SKF, menguntungkan kelompok karena beban volume yang tinggi.

Melihat ke depan untuk mobil yang sepenuhnya self-driving, Stephan mengatakan ini akan membawa perubahan lebih lanjut, dengan bantalan roda mungkin membutuhkan lebih lama tahan hidup karena penggunaan yang lebih intensif.

“Orang-orang tidak sadar apa artinya jika kita pergi ke mengemudi otonom. Secara teori Anda dapat mengurangi armada Anda hingga sepertiga,” katanya, seraya menambahkan bahwa penting untuk mempersiapkan ini.

SKF Swedia Rasakan Kekuatan Pasar Mobil Listrik China

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper