Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kota-kota Jerman Segera Dibolehkan Larang Mobil Diesel Tua

Kota-kota di Jerman berhak melarang kendaraan diesel yang lebih tua dari jalan-jalan yang berefek langsung membawa tingkat polusi udara sejalan dengan aturan Uni Eropa, pengadilan administratif Jerman dikonfirmasi pada Jumat (18/5/2018).
Rambu lalu lintas yang melarang mobil diesel dipasang oleh pekerja di Max-Brauer Allee di pusat kota Hamburg, Jerman. /Reuters
Rambu lalu lintas yang melarang mobil diesel dipasang oleh pekerja di Max-Brauer Allee di pusat kota Hamburg, Jerman. /Reuters

Bisnis.com, BERLIN - Kota-kota di Jerman berhak melarang kendaraan diesel yang lebih tua dari jalan-jalan yang berefek langsung membawa tingkat polusi udara sejalan dengan aturan Uni Eropa, pengadilan administratif Jerman dikonfirmasi pada Jumat (18/5/2018).

Sehari setelah Komisi Eropa mengajukan pengaduan ke pengadilan tinggi Eropa melawan Jerman karena kegagalannya yang berulang-ulang untuk melindungi kualitas udara di kota-kotanya, perincian dari putusan Jerman akan menambah tekanan pada Volkswagen dan rekan-rekan Jermannya untuk menyediakan perbaikan perangkat keras untuk model diesel yang mencemar.

Perusahaan riset Evercore ISI mengatakan hal ini bisa menghabiskan biaya industri 14,5 miliar euro (US$17,1 miliar).

Jerman membuka pintu untuk larangan diesel pada Februari ketika itu memungkinkan kelompok lingkungan untuk menuntut kota-kota yang gagal menegakkan aturan udara bersih Eropa, meskipun lobi sengit untuk menentang larangan dari pembuat mobil.

Puluhan kota Jerman termasuk Hamburg, Munich dan Stuttgart melebihi batas Uni Eropa pada nitrogen oksida (NOx), yang diketahui menyebabkan penyakit pernapasan.

Dalam pernyataan 30 halaman tentang putusan yang dipublikasikan pada Jumat, pengadilan administratif Jerman di Leipzig mengatakan seharusnya tidak ada masa tenggang untuk larangan mengemudi.

"Pembatasan seperti itu, dalam intensitas mereka, tidak melampaui batasan lain dan menghentikan larangan sebagaimana dibenarkan oleh persyaratan hukum jalan, yang mana pengendara harus selalu memperhitungkan dan yang pada prinsipnya harus mereka terima," kata pengadilan.

Pembuat mobil Eropa telah banyak berinvestasi dalam mesin diesel, yang menghasilkan lebih sedikit karbon yang menyebabkan pemanasan global daripada bensin, tetapi lebih banyak polutan lain yang disalahkan karena menyebabkan penyakit. Langkah Jerman untuk mengizinkan kota-kota untuk melarang mesin diesel dari jalan bisa berimplikasi luas bagi masa depan industri.

Larangan di rumah beberapa pembuat mobil terbesar dunia adalah pukulan lebih lanjut untuk sektor ini, dan memalukan bagi pemerintah Kanselir Angela Merkel, yang telah menghadapi kritik karena hubungan eratnya dengan industri.

"Keputusan ini adalah bencana bagi pemerintah yang secara sepihak berdiri untuk keserakahan meraup keuntungan oleh pembuat mobil sementara meninggalkan 10 juta pemilik mobil diesel yang dimanipulasi sendiri," kata Juergen Resch, Direktur Pelaksana DUH, organisasi lingkungan Jerman.

Larangan mengemudi segera di jalan-jalan utama atau ruas jalan akan sah dan dapat mempengaruhi semua model, kecuali mereka yang memenuhi standar emisi Euro-6 terbaru, kata pernyataan yang berkuasa.

Dari 15 juta mobil diesel di jalan Jerman, hanya 2,7 juta yang memiliki teknologi Euro-6 pada 2014.

Untuk wilayah kota yang lebih luas yang meliputi banyak jalan utama dan jalan-jalan pinggir, pengadilan merekomendasikan penerapan larangan secara bertahap, dimulai dengan mobil yang lebih tua yang memenuhi standar emisi Euro-4. Standar Euro-4 digantikan oleh Euro-5 awal 2009.

Organisasi industri otomotif VDA Jerman mendesak kota-kota untuk menjaga proporsi ketika memutuskan tindakan mereka, dengan catatan bahwa tingkat NOx akan turun secara signifikan dalam beberapa bulan mendatang karena lebih banyak model Euro-6 yang dijual dan perangkat lunak kontrol emisi dari model lama diperbarui.

"Apa yang dipertaruhkan bukanlah larangan mengemudi semata, tetapi penilaian apakah tindakan lokal bahkan diperlukan untuk memenuhi target kualitas udara yang legal," kata presiden VDA, Bernhard Mattes.

Pengadilan Leipzig mengatakan pada Februari bahwa kendaraan Euro-5 tidak boleh dilarang hingga 1 September 2019. Pedagang dan beberapa warga juga harus dibebaskan, katanya pada saat itu.

Keputusan itu adalah tindakan pengaturan terbaru yang akan diambil setelah skandal uji emisi skuad Volkswagen 2015, dan dipicu oleh tindakan hukum dari DUH Jerman.

"Pengadilan telah menunggu pernyataan yang diterima hari ini," kata Remo Klinger, seorang pengacara yang mewakili DUH yang mendorong tindakan di 28 kota Jerman, termasuk Munich dan Frankfurt.

“Kami percaya bahwa dalam banyak kasus, akan dengan cepat datang ke dengar pendapat lisan dan putusan.”

Kota terpadat kedua di Jerman, Hamburg, Rabu mengatakan pihaknya telah mulai memasang tanda-tanda untuk memberlakukan larangan mengemudi mobil diesel yang lebih tua, dengan otoritas lokal mengharapkan pembatasan mulai berlaku pada akhir bulan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper