Johannes Loman, dari Astra Kini Mendunia Jadi Presiden IMMA 2018-2020

Sektor otomotif Indonesia semakin terpandang di dunia internasional. Tahun ini giliran Direktur PT Astra International Tbk Johannes Loman. Pria kelahiran 1959 ini terpilih menjadi President International Motorcycle Manufacturers Association (IMMA) 2018-2020.
Muhammad Khadafi | 16 Mei 2018 14:07 WIB
PT Astra International Tbk Johannes Loman dipercaya menjadi President International Motorcycle Manufacturers Association (IMMA) 2018-2020. - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA – Sektor otomotif Indonesia semakin terpandang di dunia internasional. Pada tahun lalu, di kawasan Asia, Warih Andang Tjahjono menjadi putra lokal pertama yang menduduki jabatan tertinggi bisnis manufaktor Toyota.

Tahun ini giliran Direktur PT Astra International Tbk Johannes Loman. Pria kelahiran 1959 ini terpilih menjadi President International Motorcycle Manufacturers Association (IMMA) 2018-2020.

Jabatan ini resmi diterima dalam pertemuan tahunan IMMA yang berlangsung di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Rabu, 9 Mei 2018.

Loman bukan orang baru di dunia otomotif. Dia sudah malang melintang di Astra sejak 1984. Sebelum duduk di pucuk pimpinan raksasa otomotif Indonesia, sejumlah posisi penting pernah didudukinya, seperti Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor dan PT Astra Honda Motor, Wakil Presiden Komisaris PT Astra Otoparts Tbk, juga Wakil Presiden Di rektur PT Astra Honda Motor hingga saat ini.

Saat ini, Loman juga dipercaya se bagai Ketua Umum Asosiasi In dustri Sepeda Motor Indonesia (AISI) periode 2017—2020. Dia meng gantikan Gunadi Sindhuwinata yang telah menjabat sejak 2007. Pria lulusan Universitas Katolik Parahyangan tersebut juga me mimpin Federation of Asian Mo tor cycle Industries (FAMI) 2017-2019.

“Terima kasih atas kepercayaan ini. Tentu ini tugas berat dan menantang. Saya berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam memajukan industri otomotif tidak hanya di dalam negeri tapi juga di tingkat global untuk mewujudkan solusi mobilitas yang memudahkan dan menyenangkan bagi kehidupan manusia di masa mendatang,” ujarnya setelah menerima jabatan tertinggi IMMA. Sebelumnya IMMA dipimpin oleh Presiden BMW Motorrad Stephan Schaller yang juga Presiden Asosiasi Industri Motor Eropa (ACEM).

Organisasi ini merupakan asosiasi yang merepresentasikan industri manufaktur roda dua dalam skala global yang meliputi beragam produk di berbagai di segmen.

Tugas utama IMMA antara lain menyiapkan kebijakan industri antara lain harmonisasi spesifi kasi teknis, aspek lingkungan, dan masalah keselamatan agar dapat memberikan pilihan produk yang lebih beragam kepada masyarakat.

Loman memang terbilang andal dalam industri roda dua. Di tangannya AHM bergerak agresif hingga tahun lalu menguasai 74,5% pasar domestik. Di tengah merosotnya pasar sepeda motor sepanjang 2017, AHM bertahan dengan masih mencatat pertumbuhan sebanyak 0,1% menjadi 4,38 juta unit. Soal ekspor, AHM juga membukukan capaian positif.

Volume pengapalan dari perusahaan berkontribusi 27,6% terhadap jumlah ekspor roda dua Indonesia.

Tag : astra honda motor
Editor : Sutarno
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top