Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nissan Bertahap Menarik Diri dari Pasar Kendaraan Diesel di Eropa

Produsen mobil Jepang Nissan secara bertahap akan menghentikan penjualan mobil diesel di Eropa, sebagai tanda lebih lanjut dari melemahnya permintaan untuk mobil-mobil itu karena pelanggan khawatir tentang kenaikan pajak dan larangan menjulang dan pembatasan terkait dengan diesel di banyak negara.
Logo Nissan. /Reuters
Logo Nissan. /Reuters

Bisnis.com, PARIS - Produsen mobil Jepang Nissan secara bertahap akan menghentikan penjualan mobil diesel di Eropa, sebagai tanda lebih lanjut dari melemahnya permintaan untuk mobil-mobil itu karena pelanggan khawatir tentang kenaikan pajak dan larangan menjulang dan pembatasan terkait dengan diesel di banyak negara.

Seorang juru bicara Nissan mengatakan akan ada penarikan bertahap mobil diesel di Eropa. Sebuah sumber sebelumnya mengatakan kepada Reuters bulan lalu bahwa Nissan akan memangkas ratusan pekerjaan di pabrik Sunderland, pabrik otomotif terbesar Inggris, karena turunnya permintaan untuk model diesel di Eropa.

Industri otomotif dan pemasoknya menghadapi tindakan keras terhadap emisi diesel global dan menyesuaikan bisnis mereka, termasuk investasi besar-besaran dalam kendaraan listrik.

Produsen mobil Jerman Volkswagen juga masih dalam proses penyelesaian skandal kecurangan emisi 2015 yang mengakibatkan denda dan biaya lainnya sekitar US$30 miliar.

“Seiring dengan produsen dan badan industri lainnya, kami dapat melihat penurunan progresif dari solar tetapi kami tidak melakukan pengakhiran mendadak dalam jangka pendek. Pada titik waktu ini dan untuk banyak pelanggan, mesin diesel modern akan tetap diminati dan terus tersedia dalam penawaran powertrain Nissan,” kata juru bicara Nissan.

“Di Eropa, di mana penjualan diesel kami terkonsentrasi, dorongan elektrifikasi kami akan memungkinkan kami menghentikan diesel secara bertahap dari mobil penumpang pada saat setiap pembaruan kendaraan,” tambahnya.

Data awal bulan ini menunjukkan penurunan tajam permintaan untuk mobil diesel di Inggris, yang merupakan pasar otomotif terbesar kedua di Eropa. Nissan memiliki kemitraan dengan grup mobil Prancis Renault.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper