Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tesla Targetkan Produksi Model Y Mulai November 2019

Tesla Inc menargetkan kendaraan sport Model Y-nya akan masuk produksi pada November 2019, di mana produksi di China akan dilakukan 2 tahun setelahnya
Tesla Model Y belum menjadi nama resmi, tetapi itulah yang disebut oleh pejabat Tesla ketika berbicara tentang kendaraan crossover bertenaga listrik yang dibangun di platform generasi ketiga yang sama dengan Tesla Model 3. /Tesla
Tesla Model Y belum menjadi nama resmi, tetapi itulah yang disebut oleh pejabat Tesla ketika berbicara tentang kendaraan crossover bertenaga listrik yang dibangun di platform generasi ketiga yang sama dengan Tesla Model 3. /Tesla

Bisnis.com, SAN FRANCISCO - Tesla Inc menargetkan kendaraan sport Model Y-nya akan masuk produksi pada November 2019, di mana produksi di China akan dilakukan 2 tahun setelahnya, dua sumber mengatakan kepada Reuters, pekan ini.

Reuters telah mempelajari perusahaan Silicon Valley yang dipimpin oleh Chief Executive Elon Musk menerima tawaran awal untuk kontrak pemasok pada Model Y, pendamping crossover kompak untuk sedan Model 3.

Tesla telah memberikan sedikit rincian pemasok tentang program dan belum memberikan kerangka waktu produksi, tetapi sekarang telah mengindikasikan bahwa kendaraan akan mulai dibangun di pabrik Fremont, California, pada November tahun depan, dua sumber dengan pengetahuan tentang pasokan kata rantai.

Tesla menolak berkomentar.

Detail Model Y yang baru menunjukkan bahwa Tesla mendorong maju pada rencana untuk membangun kendaraan baru bahkan ketika ia berjuang untuk menghasilkan Model 3, yang diluncurkan pada Juli.

Tesla pada awalnya berhasil menarik setoran uang muka yang dapat ditarik kembali sekitar 500.000 pesanan, namun peluncuran sedan tersebut telah terganggu oleh penundaan dan kemacetan manufaktur, terhambatnya aliran pendapatan Tesla, dan memperburuk krisis uang tunai untuk perusahaan.

Awal bulan ini, Tesla mencoba meyakinkan investor, mengatakan bahwa output Model 3 secara mingguan telah berlipat ganda selama kuartal pertama dan bahwa tingkat produksi akan meningkat melalui kuartal kedua menjadi 5.000 unit per minggu, atau sekitar 250.000 kendaraan per tahun.

Penawaran kompetitif adalah langkah awal yang penting dalam proses manufaktur otomotif yang rumit. Setelah pembuat mobil mengungkapkan rencananya, pemasok bersaing berdasarkan faktor termasuk biaya dan teknologi.

Tesla menginformasikan kepada pemasok tentang yang dikenal sebagai "permintaan informasi," atau RFI, yang memberikan pandangan terarah tentang apa yang akan dibutuhkan.

Dengan model mobil baru, pembuat mobil biasanya memilih pemasok komponen dua hingga dua setengah tahun sebelum dimulainya produksi. Sekitar satu setengah tahun lagi, tanggal mulai November 2019 untuk Model Y akan dianggap "agresif, tapi mungkin," kata salah satu sumber. Jangka waktu yang lebih pendek berpotensi layak, kata sumber itu, karena Model Y akan dibangun di platform yang sama dengan Model 3.

Tesla dikenal karena garis waktu yang agresif dan toleransi risiko tinggi untuk membuat mobil ke pasar lebih cepat. Untuk menghemat waktu dan biaya, Tesla membuat taruhan berisiko untuk melewati fase pengujian pra-produksi untuk Model 3 untuk memajukan ke fasilitas produksi, yang lebih sulit untuk diperbaiki jika masalah muncul, seperti yang dilaporkan Reuters pertama tahun lalu.

Sejuta Model Y?

Model Y hanyalah salah satu dari banyak proyek Tesla, yang juga meluncurkan Tesla Semi dan Roadster baru dalam beberapa bulan terakhir. Langkah ini menghabiskan banyak energi untuk membangun pabrik baterai Gigafactory di Nevada, di mana masalah perakitan modul baterai telah berkontribusi terhadap penundaan Model 3, dan juga mengharapkan untuk membangun pabrik di China dalam waktu dekat.

Tesla mengatakan tidak perlu mengumpulkan dana tambahan tahun ini. Tapi Moody mengutip kemungkinan kenaikan modal lebih dari US$2 miliar dalam downgrade perusahaannya bulan lalu, didorong oleh kekhawatiran tentang cadangan kas dan kemampuan Tesla untuk memenuhi target produksi. Perusahaan telah membakar hingga US$3,4 miliar tahun lalu.

Tanpa memberikan kerangka waktu, Musk pada Februari mengatakan kepada analis perusahaan membidik kapasitas produksi 1 juta Model Y per tahun.

Kedua sumber mengatakan pemasok bisa memperkirakan produksi tahunan 500.000 kendaraan di Amerika Serikat, dengan volume yang jauh lebih rendah di China, kemungkinan dalam puluhan ribu. Membangun 500.000 Model Ys per tahun akan sama dengan apa yang direncanakan oleh Musk untuk produksi total di Fremont pada akhir tahun ini, meskipun perusahaan tidak berada di dekat volume tersebut.

Pemasok umumnya menggunakan target produksi pabrikan mobil untuk merumuskan rencana yang bagus tentang berapa banyak kendaraan yang akan dibangun, berdasarkan kemampuan masing-masing pembuat mobil untuk melakukan dan permintaan konsumen. Salah satu sumber mengatakan RFI Tesla adalah ringan pada rincian dibandingkan dengan mobil lain, dan tidak memberikan perkiraan volume untuk Model Y.

Musk mengatakan pada Februari bahwa investasi modal yang terkait dengan SUV akan dimulai menjelang akhir 2018. Tesla mengatakan pabriknya di Fremont saat ini dapat menghasilkan 10.000 kendaraan per minggu - apa yang perusahaan harapkan akan dibangun di Model 3 saja pada 2018 - tanpa membutuhkan gedung baru, meskipun beberapa kalangan di industri percaya bahwa tidak ada cukup ruang di pabrik untuk mendukung volume tersebut.

Setiap program Model Y besar kemungkinan akan membutuhkan fasilitas baru, meskipun volume rendah dari Model Y dapat dibangun pada jalur Model 3 yang ada, kata sumber tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper