Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beijing Izinkan Baidu Uji Coba Mobil Swakemudi

Beijing memberi lampu hijau kepada perusahaan teknologi Baidu Inc. untuk menguji kendaraan swakemudinya di jalanan ibu kota China itu.
Kendaraan swakemudi milik Baidu berjajar sebelum diuji coba di jalan raya Beijing, China, Kamis (22/3)./Reuters
Kendaraan swakemudi milik Baidu berjajar sebelum diuji coba di jalan raya Beijing, China, Kamis (22/3)./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Beijing memberi lampu hijau kepada perusahaan teknologi Baidu Inc. untuk menguji kendaraan swakemudinya di jalanan ibu kota China itu.

Baidu diizinkan untuk melakukan uji coba di 33 jalan raya dengan panjang total 105 kilometer (km) di bagian pinggiran Beijing. Adapun proyek kendaraan swakemudi Baidu bernama Apollo.

"Dengan dukungan dari kebijakan yang ada, kami meyakini Beijing akan menjadi hub baru untuk industri kendaraan swakemudi," ungkap Wakil Presiden Baidu Zhao Ceng dalam pernyataan resminya, seperti dilaporkan Reuters, Jumat (23/3/2018).

Sebelum menjalankan tes di jalan raya, kendaraan swakemudi terkait akan terlebih dulu melalui simulasi sistem serta berbagai uji coba di jalur tertutup. Perusahaan menyatakan hal itu dilakukan untuk memastikan keamanan serta stabilitas kendaraan semaksimal mungkin.

Chief Executive Baidu Robin Li telah melakukan uji coba atas kendaraan swakemudi milik perusahaan itu di jalanan Beijing pada Juli 2017, atau sebelum adanya regulasi yang mengatur hal ini.

Baidu menargetkan dapat membawa mobil swakemudi ke jalan raya China pada 2019. Investasi yang akan ditanamkan di sektor ini mencapai US$1,5 miliar.

Sebelum Beijing, Shanghai sudah lebih dulu mempunyai regulasi mengenai uji coba kendaraan swakemudi. Perusahaan yang sudah menyatakan akan melakukan tes di salah satu kota terbesar China itu adalah SAIC Motor Corp Ltd dan startup mobil listrik NIO.

Pengumuman ini disampaikan di tengah keputusan sejumlah perusahaan teknologi dan pabrikan otomotif untuk menunda uji coba kendaraan swakemudi pasca kecelakaan yang melibatkan Uber di Tempe, Arizona, AS. Mobil swakemudi yang sedang diujicobakan oleh Uber menabrak seorang pejalan kaki, yang kemudian meninggal.

Uber dan Toyota Motor Corp telah menyampaikan akan menghentikan sementara uji coba yang mereka lakukan. Arizona adalah negara bagian dengan regulasi yang relatif longgar untuk uji coba kendaraan swakemudi.

Tidak heran jika kemudian banyak perusahaan yang melakukan tes di negara bagian itu. Tercatat lebih dari 600 kendaraan swakemudi melakukan uji coba di jalanan Arizona, saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper