Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vietnam Setujui VTA Indonesia, Setiap Pengapalan Tetap Diperiksa

Pemeriksaan tipe kendaraan pada setiap pengapalan yang akan masuk ke Vietnam tetap akan dilakukan. Namun, pemerintah berjanji akan berusaha membuat pemerintah negeri jiran lebih longgar melaksanakan aturan tersebut.
Mobil-mobil siap diekspor dari Indonesia. /TMMIN
Mobil-mobil siap diekspor dari Indonesia. /TMMIN

Bisnis.com, JAKARTA — Pemeriksaan tipe kendaraan pada setiap pengapalan yang akan masuk ke Vietnam tetap akan dilakukan. Namun, pemerintah berjanji akan berusaha membuat pemerintah negeri jiran lebih longgar melaksanakan aturan tersebut.

Direktur Sarana Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Eddy Gunawan mengungkapkan, pemeriksaan yang dilakukan terhadap setiap pengapalan (lot per lot) kendaraan yang masuk ke Vietnam dihadapi oleh setiap negara.

“Dalam hal ini pemerintah juga akan berusaha bagaimana pemerintah Vietnam dapat lebih longgar dalam menerapkan aturan ini,” kata Eddy kepada Bisnis, Rabu (21/3/2018).

Dia menjelaskan, vehicle type approval atau sertifikat laik jalan adalah salah satu persyaratan kendaraan masuk ke Vietnam.

Terkait dengan pemeriksaan terhadap pengapalan itu memang prosedur yang ditetapkan pemerintah Vietnam.

“VTA adalah salah satu requirement untuk kendaraan masuk ke Vietnam, tentang per lot (pengapalan) itu memang prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah Vietnam yang harus diikuti oleh vendor importir di sana,” katanya.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Vietnam Ibnu Hadi menuturkan, inspeksi per pengapalan tetap dilakukan meskipun pemerintah Vietnam menyetujui VTA Indonesia.

Menurutnya, VTA merupakan syarat utama bagi eksportir untuk melakukan pengiriman kendaraan. Kemudian ketika melakukan pengapalan, lanjutnya, eksportir harus memenuhi syarat lainnya yakni inspeksi satu mobil per tipe per kapal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper