Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dewan Hidrogen Terima Anggota Baru 11 Perusahaan

Dewan Hidrogen menerima 11 anggota baru dari Asia, Amerika Utara dan Eropa. Mereka merupakan perusahaan internasional terkemuka di bidang gas, energi, sains & teknologi dan otomotif.
 Simbol kimia tampak di stasiun hidrogen di Tokyo, 24 April 2017. -Reuters
Simbol kimia tampak di stasiun hidrogen di Tokyo, 24 April 2017. -Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Dewan Hidrogen menerima 11 anggota baru dari Asia, Amerika Utara dan Eropa. Mereka merupakan perusahaan internasional terkemuka di bidang gas, energi, sains & teknologi dan otomotif.

3M, Bosch, China Energy, Great Wall Motor, JXTG Nippon Oil & Energy Corporation dan Weichai, bergabung sebagai anggota pengarah (steering member) bersama dengan Hexagon Composites, Marubeni, McPhy, Nel Hydrogen dan Royal Vopak pada level pendukung.

Dewan Hidrogen menyatakan terus mendorong inovasi hidrogen untuk mendukung transisi energi dan hampir menggandakan keanggotaan dalam satu tahun sejak peluncurannya di World Economic Forum di Davos awal 2017.

Sejak diluncurkan, Dewan Hidrogen yang merupakan inisiatif para CEO, telah berkembang dua kali lipat dan sekarang mencakup semua pasar utama dengan anggota di seluruh rantai nilai.

Selain investasi individual dan proyek yang sedang berlangsung, bertambahnya anggota dewan akan mendorong perubahan dan mempercepat laju dalam skala global.

"Kami senang menyambut pertumbuhan yang mengesankan tersebut dan komitmen tingkat tinggi CEO yang kuat terhadap hidrogen," kata Woong-chul Yang, Co-Chair Dewan Hidrogen dan Wakil Ketua Hyundai Motor Company, seperti dikutip siaran pers, Senin (13/3/2018).

Dewan Hindorogen adalah kepemimpinan pada skala perusahaan multinasional sedang berjalan dalam pembicaraan mengenai membangun solusi yang lebih baik untuk mengatasi tujuan Perjanjian Paris, yang mana hidrogen telah menjadi bagian integral dari strategi bersama.

Dia mengatakan dengan meningkatnya minat para pembuat kebijakan dan investor di seluruh dunia, 5-10 tahun ke depan dapat melihat pergeseran yang menentukan dalam penyebaran teknologi hidrogen.

Hidrogen diskenariokan dapat memenuhi 18% kebutuhan energi akhir dunia, menghindari 6 Gt emisi CO2, menciptakan pasar dengan pendapatan US$2,5 triliun per tahun dan menyediakan 30 juta pekerjaan pada pertengahan abad.

Benoît Potier, Co-Chair dari Hidrogen Council, Chairman dan CEO Air Liquide, mengatakan, "Saya senang melihat semakin banyak perusahaan terkemuka di seluruh dunia berkomitmen untuk mengembangkan hidrogen, dan menganggapnya sebagai solusi utama untuk transisi energi."

Sejak diluncurkan satu tahun lalu, Dewan diklaim telah mampu membangun momentum yang kuat. Partisipasi aktifnya dalam acara internasional seperti Forum Ekonomi Dunia, Pekan Iklim New York, One Planet Summit dan Cop23, mengarah pada kemajuan besar yang terkait dengan kebijakan pembuat dan pemerintah.

"Prioritas kami pada 2018 akan melanjutkan langkah cepat ini bekerja sama dengan mitra global dan organisasi internasional untuk membantu membuat hidrogen menjadi kenyataan sehari-hari," katanya.

Dewan Hidrogen Terima Anggota Baru 11 Perusahaan

Dewan Hidrogen

Diluncurkan di Forum Ekonomi Dunia di Davos pada awal 2017, Dewan Hidrogen adalah inisiatif CEO global pertama untuk mendorong peran teknologi hidrogen dalam transisi energi global.

Anggota saat ini mencakup 24 perusahaan multinasional terkemuka: 3M, Air Liquide, Alstom, Anglo Amerika, Audi, BMW GROUP, China Energy, Daimler, ENGIE, General Motors, Great Wall Motor, Honda, Hyundai Motor, Iwatani, JXTG Nippon Oil & Energy Corporation, Kawasaki, Plastik Omnium, Royal Dutch Shell, Statoil, Grup Bosch, Grup Linde, Total, Toyota dan Weichai.

Selain itu, 15 pemain dinamis dari seluruh rantai nilai, seperti Ballard, Faber Industries, Faurecia, Bahan Bakar Elemen Pertama (True Zero), Gore, Hexagon Composites, Hydrogenics, Marubeni, McPhy, Mitsubishi Corporation, Mitsui & Co, Nel Hydrogen, Plug Power, Toyota Tsusho dan Royal Vopak.

Koalisi secara kolektif mewakili total pendapatan lebih dari €1,6 triliun dan mendekati 2,5 juta pekerjaan di seluruh dunia.

Dewan Hidrogen telah menerbitkan dua studi sampai saat ini, Bagaimana hidrogen memberdayakan transisi energi (Januari 2017) mengeksplorasi peran hidrogen dalam transisi energi, termasuk potensinya, pencapaian terkini, dan tantangan terhadap penyebaran dan hidrogennya, meningkat (November 2017) menyajikan visi komprehensif pertama tentang potensi jangka panjang hidrogen dan peta jalan untuk penyebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper