Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Listrik UMM Berlaga di Shell Eco-Marathon Asia

Mobil listrik karya mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (IMM) siap berlaga di ajang Shell Eco-Marathon Asia di Singapura, pada 8-11 Maret mendatang.

Kabar24.com, MALANG—Mobil listrik karya mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (IMM) siap berlaga di ajang Shell Eco-Marathon Asia di Singapura, pada 8-11 Maret mendatang.

Rektor UMM Fauzan mengatakan perkembangan industri mobil listrik dalam kurun waktu satu dekade terakhir terus mengalami peningkatan. Hal tersebut melatarbelakangi beberapa perguruan tinggi untuk berlomba dalam menciptakan mobil listrik.

“UMM sebagai kampus eco-energy juga turut andil dalam perkembangan industri transportasi modern tersebut,” katanya di Malang, Rabu (28/2/2018).

Sebelumnya tim tersebut juga h berhasil menduduki peringkat empat besar nasional 2017 dalam gelaran Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) yang digelar oleh Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi.

"Jangan pernah berhenti berinovasi untuk kelanjutan mobil listrik ini," ujarnya.

Shell Eco-Marathon Asia merupakan acara tahunan yang disponsori oleh Shell dimana seluruh peserta berkompetisi untuk membuat kendaraan khusus yang bisa melakukan efisiensi bahan bakar.

Pada pertandingan ini, Sang Surya Eco Energy Team yang terdiri dari delapan mahasiswa Fakultas Teknik (FT) telah menyiapkan tim khusus untuk melakukan riset dalam bidang kelistrikan sebagai salah satu strategi untuk menghasilkan performa yang sempurna.

"Kemarin tim kelistrikan benar-benar disiapkan untuk mempelajari tentang hambatan-hambatan pada mobil," kata Ketua Tim Renggi Ahmad Rimeldi.

Mobil listrik Gentro Suryo ini memiliki keunggulan pada kapasitas berkendara selama 2,5 hingga 3 jam dalam satu kali pengisian baterai. Hal tersebut menjadikan mobil ini termasuk pada mobil yang sangat hemat energi bahan bakar listrik.

"Mobil ini sekarang sudah kami sempurnakan dengan menambahkan kapasitas baterai untuk perjalanan mobil yang lebih lama," ujar anggota divisi Kelistrikan Syarul Surur.

Menurut Pembina LSO Mecatron Jufri pada kompetisi ini Gentro Suryo sudah memiliki kesiapan yang cukup "Kekompakan dan mental juara yang dimiliki timlah yang membuat performa mobil ini menjadi luar biasa," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper