Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Perdesaan Diproduksi dengan Melibatkan Industri Mikro

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan siap memproduksi kendaraan perdesaan dengan merangkul pelaku industri mikro yang tersebar di seluruh daerah.
Kementerian Perindustrian mengembangkan mobil pedesaan./Istimewa
Kementerian Perindustrian mengembangkan mobil pedesaan./Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan siap memproduksi kendaraan perdesaan dengan merangkul pelaku industri mikro yang tersebar di seluruh daerah.

Sony Sulaksono, Kepala Puslitbang Tekhnologi dan Kekayaan Industri Kemenperin, menyatakan kendaraan perdesaan akan menyasar pangsa pasar di kalangan masyarakat desa yang selama ini belum tersentuh angkutan umum.

"Kami sadar bahwa perubahan siklus industri otomotif dunia setiap 5-10 tahun terus berubah. Untuk itu, kami mengembangkan kendaaraan perdesaan sesuai program inovasi Kemenperin dengan menyasar pangsa pasar 74.000 desa dengan pemegang hak merek lokal," ungkap Sony, saat menggelar seminar bertemakan Kebijakan Pemanfaatan Hasil Litbangyasa yang Ramah Lingkungan, di Wisma Perdamaian Semarang, Selasa (27/2/2018).

Dengan membidik pasar di luar produsen mobil papan atas, dia optimistis bahwa kendaraan perdesaan masa masa mendatang bakal menjadi pemain tunggal di Indonesia.

Lebih jauh lagi, untuk saat ini pihaknya telah menggandeng sejumlah pelaku usaha asal China, Jepang dan Korea Selatan untuk bekerjasama mengembangkan komponen kendaraan perdesaan.

Selain itu, para siswa sekolah kejuruan, politeknik di beberapa kota bakal diajak bergabung untuk memproduksi massal moda transportasi tersebut.

"Salah satunya kami kerjasama dengan STP Solo. Kami ingin mewujudkan kebanggaan nasional dengan memproduksi kendaraan dengan bahan baku sendiri, syukur-syukur bisa diekspor," ungkapnya.

Rosalina Faried, Ketua Umum Perhimpunan Industri Kecil Menengah Komponen Otomotif Indonesia mengapresiasi pelibatan pelaku IKM dalam memproduksi kendaraan perdesaan.

Ia sendiri mengaku mendapat bocoran dari Kemenperin bahwa kendaraan perdesaan akan mulai beroperasi mulai Juli 2018 nanti.

"Jumlahnya ada 70 unit. Setelah itu, kita bangun industri kendaraan perdesaan yang dipusatkan di Soloraya. Kita sudah mapping semua IKM di Jateng yang unggul di bidang komponen mobil untuk diikutsertakan memproduksi kendaraan perdesaan," paparnya.

Rosalina kini sudah berkolaborasi dengan dua IKM di Klaten, Tegal dan sebagian Jatim untuk memproduksi spart part mobil perdesaan.

"Kita juga memberdayakan pabrik-pabrik karoseri yang saat ini mulai mati suri. Keberadaan mereka bisa memperingan biaya produksi kendaraan perdesaan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper