Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nissan Leaf Jalani Ekspedisi Mobil Listrik Pertama di Afrika, Ini Tantangannya

Electric Explorer African Challenge 2018, ekspedisi kendaraan listrik pertama di seluruh Afrika, telah dimulai. Leaf tidak dimodifikasi dengan cara apapun dan sama persis dengan mobil yang tersedia di ruang pamer.
Nissan Leaf. /Nissan
Nissan Leaf. /Nissan

Bisnis.com, ROSSLYN - Electric Explorer African Challenge 2018, ekspedisi kendaraan listrik pertama di seluruh Afrika, telah dimulai. Leaf tidak dimodifikasi dengan cara apapun dan sama persis dengan mobil yang tersedia di ruang pamer.

Di balik kemudi Nissan LEAF generasi sebelumnya adalah pebalap Polandia terkenal Arkady Pawe Fiedler, didampingi fotografer Albert Wójtowicz.

"Bepergian melintasi Afrika mungkin menjadi tes terberat untuk kendaraan apa pun, bukan hanya EV," kata Fiedler, seperti dikutip siaran pers Nissan, Kamis (22/2/2018).

Jalan yang buruk, infrastruktur pengisian yang terbatas dan kondisi cuaca yang sangat beragam, dari kemungkinan badai khatulistiwa hingga panas teriknya Sahara. Ini hanyalah beberapa tantangan yang harus dihadapi selama ekspedisi.

"Sebagai bagian dari tes, saya sudah melakukan perjalanan lebih dari 4.000 kilometer di Polandia dengan Nissan Leaf, dan saya terkejut dengan rentang perjalanan yang ditawarkan."

Ekspedisi dimulai di Cape Town pekan lalu dan akan mengarah ke Eropa, di sepanjang Afrika Barat, melalui Afrika Selatan, Namibia, Angola, Republik Demokratik Kongo, Kongo, Gabon, Kamerun, Nigeria, Benin, Burkina Faso, Mali, Senegal, Gambia, Mauritania dan Maroko, dan akhirnya melintasi Eropa Barat ke Polandia.

"Nissan Leaf adalah kendaraan listrik paling populer di dunia," kata Dorota Pajczkowska, Manajer PR Nissan Polandia. Generasi pertama model ini diluncurkan di pasar pada awal 8 tahun yang lalu.

Pengendaraan total Nissan EV secara total telah mencapai 3 miliar km tanpa emisi. Desain yang telah diuji seratus dan seribu pengendara bisa dipercaya tanpa ragu. Salah satunya yang terbaik, katanya, adalah dengan Electric Explorer African Challenge 2018.

Selain menjadi kendaraan listrik pertama yang melintasi benua Afrika, ekspedisi tersebut juga bertujuan untuk membangun kesadaran akan mobilitas listrik dan teknologi baru yang bersih di antara masyarakat di Afrika, Polandia dan dunia pada umumnya.

Penting juga untuk menunjukkan bahwa cara untuk memahami dunia dan pilihan manusia, seperti alat transportasi, sangat berdampak pada lingkungan.

"Perhatian terhadap lingkungan, rumah, keluarga dimulai dengan kita - dengan keputusan subjektif kita," kata Fiedler. "Perjalanan juga untuk membuktikan bahwa seringkali sesuatu sepertinya tidak mungkin dilakukan dengan sikap dan determinasi yang diberikan."

Salah satu tantangan besar adalah untuk mencari soket listrik yang sesuai untuk mengisi baterai dengan listrik, yang semakin tidak menjadi masalah di Eropa. "Kita harus bergantung pada bantuan dari orang-orang yang ditemui di sepanjang jalan. Tanpa dukungan dari orang Afrika, ekspedisi mungkin akan gagal."

Nissan Leaf Jalani Ekspedisi Mobil Listrik Pertama di Afrika, Ini Tantangannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper