Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PASAR MOBIL LISTRIK CHINA (3): Mobil Ringan & Berat Ditaksir Capai 1,1 Juta

China tetap menjadi pasar terbesar plug-ins dengan margin cukup besar. Penjualan mobil listrik, termasuk kendaraan berat mencapai empat kali lebih tinggi daripada di Amerika Serikat yang berada di peringkat # 2.
Setengah dari penjualan ada di segmen mini dan kecil. /reuters
Setengah dari penjualan ada di segmen mini dan kecil. /reuters

Bisnis.com, JAKARTA - China tetap menjadi pasar terbesar plug-ins dengan margin cukup besar. Penjualan mobil listrik, termasuk  kendaraan berat mencapai empat kali lebih tinggi daripada di Amerika Serikat yang berada di peringkat # 2.

Selain itu, dengan lebih dari 90% penjualan OEM dalam negeri, China juga merupakan produsen kendaraan plug-ins terbesar.

Untuk 2018, kami memperkirakan penjualan NEV mencapai 920.000 unit untuk tipe mobil penumpang, sebanyak 82% di antaranya BEV dan 18% plug-in hybrids (PHEV),” demikian pernyataan EV-Volume, situs data based mobil listrik global.

Campuran BEV/PHEV sedang menuju tren listrik murni sejak 2 tahun terakhir. Pada 2017, penjualan BEV sebanyak 81%, dan pada tahun ini diperkirakan bertambah menjadi 82%. Pangsa BEV di China relatif tinggi dalam perbandingan internasional. Eropa dan Amerika Serikat memiliki sekitar 50% BEV dalam penjualan plug-in mereka.

Hal yang sama juga terjadi dari sisi segmentasi kendaraan plug-indi China. Setengah dari penjualan ada di segmen mini dan kecil, yang mana PHEVs tidak masuk akal.

Pelaporan berkala EV-Volume yang rinci adalah untuk pasar mobil penumpang. Selain itu, lebih dari 198.000 kendaraan komersial dijual di kategori NEV pada 2017. Untuk 2018, EV-Volume memperkirakan jumlahnya mencapai 210.000 unit, yang 80% di antaranya merupakan bus besar, dan kebanyakan listrik sepenuhnya.

Untuk bus listrik, sebanyak 98% penjualan dunia ada di China, hari ini. Pemimpin penjualan dalam negeri adalah Yutong, pemimpin ekspornya adalah BYD. EV-Volume memiliki database untuk penjualan bus listrik di seluruh dunia, yang tersedia berdasarkan permintaan.
third China Plug-in Sales for 2017-Q4 and Full Year image

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper