Lebih dari 100 Mobil Listrik Akan Mengisi Pasar

Era mobil listrik semakin dekat. Hau Thai-Tang, Kepala Produk Pengembangan dan Penjualan Ford Motor Co mengatakan akan ada lebih dari 100 model kendaraan listrik murni dalam 5 tahun ke depan.
Muhammad Khadafi | 27 Desember 2017 19:43 WIB
Kendaraan listrik sedang mengisi tenaga. - IEA

Bisnis.com, JAKARTA – Era mobil listrik semakin dekat. Hau Thai-Tang, Kepala Produk Pengembangan dan Penjualan Ford Motor Co mengatakan akan ada lebih dari 100 model kendaraan listrik murni dalam 5 tahun ke depan.

Setiap pabrikan otomotif mengejar target ambisius menjadi pemimpin pasar kendaraan energi baru terbarukan. Meskipun mereka semua mengetahui bahwa ceruk pasar yang akan diisi sangat kecil.

Saat ini kendaraan listrik hanya menguasai 1% pangsa pasar kendaraan bermotor. Bahkan di Amerika Serikat, jumlahnya lebih kecil dari itu.

Berdasarkan riset LMC Automotive, permintaan kendaraan listrik hanya akan naik menjadi 10% dari pembelian mobil baru secara global dan 2,4% di Amerika Serikat. Namun, dengan statistik tersebut, merek otomotif tetap menggelontorkan investasi yang besar untuk riset dan pengembangan.

“Tidak ada yang bisa memprediksi permintaan yang sebenarnya akan seperti apa,” kata Hau Thai-Tang, Kepala Produk Pengembangan dan Penjualan Ford Motor Co, mengutip Bloomberg, Rabu (27/12/2017).

LMC juga memprediksi bahwa kendaraan berbahan bakar konvensional masih akan mengisi 85% penjualan mobil baru di Amerika Serikat hingga 2025. Namun, angka itu bisa saja berubah tergantung insentif yang ditawarkan oleh pemerintah.

Rick Haas, yang sebelumnya bertanggung jawab atas produksi Tesla Model S mengatakan optimismenya. Meskipun dia telah meninggalkan merek mobil yang hanya fokus pada mobil listrik tersebut.

“Perubahan akan terjadi lebih cepat daripada yang diprediksi. Namun akan banyak pemenang dan yang kalah,” kata Haas yang kini bekerja di pabrikan otomotif India Mahindra & Mahindra.

Thai-Tang mengatakan bahwa Ford jelas tidak ingin jadi pihak yang kalah dalam kompetisi mobil listrik yang bisa dibilang belum sepenuhnya dimulai. Dia mengatakan tantangan terberat bukan masalah pengembangan teknologi. Akan tetapi strategi pemasaran, karena akan ada lebih 10 lusin model yang akan berebut pangsa pasar yang masih kecil.

Kendati secara matematika tidak ada yang bisa menghitung keberhasilan mobil listrik ke depan, tidak ada satupun pabrikan yang ingin tertinggal dalam hal itu. “Ambisi kami untuk eletrifikasi tidak sederhana,” kata Jim Farley, Wakil Presiden Ford Motor Co.

Tag : mobil listrik
Editor : Andhika Anggoro Wening
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top