Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kembangkan Kendaraan Listrik Tiga Roda, Viar Gandeng IPB

PT Triangle Motorindo selaku produsen sepeda motor Viar bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor untuk mengembangkan kendaraan penumpang listrik roda tiga.

Bisnis.com, BOGOR - PT Triangle Motorindo selaku produsen sepeda motor Viar bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor untuk mengembangkan kendaraan penumpang listrik roda tiga.

Kendaraan penumpang ini menggunakan sumber daya motor listrik Viar yang dikembangkan oleh IPB sehingga memiliki daya tampung hingga empat penumpang. Total ada lima unit kendaraan roda tiga yang menjadi proyek uji coba ini.

"Kami berharap kerjasama ini dapat membangkitkan semangat dunia pendidikan untuk menghasilkan hasil karya terbaik," kata Presiden Direktur PT Triangle Motorindo Ignatius Kartiman di Bogor, Kamis (14/12/2017).

Dia menambahkan, pengembangan kendaraan listrik beroda tiga ini harus didukung oleh seluruh pihak, baik pemerintah melalui lembaga teknis serta PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) selaku penyedia sumber daya listrik.

"Kami juga berharap kendaraan ini dapat diberikan izin layak jalan untuk masyarakat umum, tidak seperti sekarang yang izinnya hanya untuk organda," keluhnya.

Rektor IPB Herry Suhardiyanto menceritakan latar belakang pengembangan kendaraan roda tiga listrik ini, yang berawal dari program kampus yang menargetkan bebas kendaraan bermotor pada 2020.

Dia menambahkan, kendaraan purwarupa dilengkapid engan kabin akan diuji coba sebagai armada operasional untuk mengangkut mahasiswa yang ingin menuju gedung lain atau laboratorium.

"Sejak 2015 kami mencanangkan program Green Transportation di lingkungan kampus untuk mengurangi polusi akibat gas buang," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper