Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Akan Perpanjang Potongan Pajak Kendaraan Listrik

China hampir dipastikan tetap menjadi pasar terbesar kendaraan listrik se-Jagat. Terlebih, Negeri Panda tersebut akan memperpanjang memperpanjang insentif pajak pembelian kendaraan energi terbarukan.
Stasiun penyediaan listrik umum (SPLU)/Istimewa
Stasiun penyediaan listrik umum (SPLU)/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - China hampir dipastikan tetap menjadi pasar terbesar kendaraan listrik se-Jagat. Terlebih, Negeri Panda tersebut akan memperpanjang memperpanjang insentif pajak pembelian kendaraan energi terbarukan.

China menjadi negara dengan penjualan kendaraan listrik terbesar di dunia, di antaranya berkat dorongan melalui program insentif pajak bagi kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Pemerintah China akan melanjutkan kebijakan bebas pajak penjualan kendaraan energi baru 10% setidaknya hingga 2020, kata sumber yang langsung mengetahui kebijakan tersebut.

Kebijakan potongan pajak saat ini akan berakhir pada akhir tahun ini. Menteri Keuangan sejauh ini belum merespons permintaan komentar.

Perpanjangan rabat pajak akan menjadi pendorong bagi perkembangan industri kendaraan energi baru di China, sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut kendaraan listrik, hibrida plug-in dan mobil sel bahan bakar.

Lonjakan permintaan untuk kendaraan semacam itu di China telah menarik investasi miliaran dolar dari perusahaan seperti Volkswagen AG dan Ford Motor Co. sementara Tesla Inc. mempertimbangkan untuk mendirikan pabrik di negara Asia.

Pemerintah baru-baru ini mengumumkan serangkaian tindakan mengenai lisensi manufaktur dan usaha patungan yang memungkinkan perusahaan asing membuat majelis yang dimiliki sepenuhnya dalam ekonomi senilai US$11 triliun.

Penjualan kendaraan energi baru melonjak 53% menjadi 500.700 unit tahun lalu dan mendorong keseluruhan kepemilikan kendaraan semacam itu di negara ini menjadi lebih dari 1 juta unit. Angka itu lebih dari tiga kali lipat penghitungan pada 2015, menurut China Association of Automobile Manufacturers.

Pemerintah China bekerja sama dengan regulator untuk menetapkan tenggat waktu untuk mengakhiri produksi dan penjualan kendaraan pembakaran internal, Xin Guobin, Wakil Menteri Industri dan Teknologi Informasi, mengatakan pada September. Ekonomi terbesar kedua di dunia, yang telah berjanji untuk membatasi emisi karbonnya pada 2030 dan mengekang polusi udara yang memburuk, bergabung dengan Inggris dan Prancis dalam mencari jadwal untuk penghapusan kendaraan yang menggunakan bensin dan solar.

"China menginginkan jumlah kendaraan energi baru tumbuh, dan saya yakin mereka akan melakukan banyak langkah tambahan jika mereka tidak memenuhi target mereka," kata Yunshi Wang, Direktur Pusat Energi dan Transportasi China di University of California, Davis. Dengan menghilangkan insentif pajak secara tiba-tiba, sebagian besar akan melukai produsen yang lebih tua yang efisiensi teknologi dan manufakturnya tidak dapat mencocokkan pendatang baru di pasar otomotif China, katanya.

Pemerintah juga mempertimbangkan dimulainya kembali izin baru untuk membuat kendaraan listrik pada awal semester pertama 2018, sebuah langkah yang akan memmuluaskan jalan bagi Ford dan Tesla serta serangkaian produsen lokal untuk memulai produksi, demikian laporan Bloomberg yang lalu. bulan, mengutip orang dengan pengetahuan tentang masalah ini.

Sejak Maret 2016, China telah membagikan 15 lisensi EV - produsen lokal Wanxiang Group dan perusahaan patungan Volkswagen termasuk di antara penerima - untuk mendorong persaingan bagi industri otomotif yang didominasi negara. Kegaduhan berikutnya melihat pembuat TV cerdas ke AC merancang rencana untuk memasuki industri otomotif.

Selain itu, Ford dan VW termasuk di antara pembuat mobil asing yang sedang mempersiapkan strategi kendaraan elektrik China mereka untuk memenuhi peraturan emisi dan peraturan ekonomi bahan bakar yang lebih ketat di negara ini. Usaha baru Ford dengan Anhui Zotye Automobile Co. berencana mengajukan izin untuk sebuah pabrik yang dapat menghasilkan 100.000 kendaraan penumpang listrik murni setiap tahunnya.



Harga baterai harus turun lebih dari setengah sebelum kendaraan listrik akan bersaing dengan mobil yang didukung oleh mesin pembakaran internal, menurut Bloomberg New Energy Finance. Itu kemungkinan akan terjadi pada 2026, ketika biaya untuk kemasan baterai lithium-ion diproyeksikan akan turun menjadi sekitar US$100 per kilowatt hour.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper