Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KENDARAAN LISTRIK, Tesla Disinyalir Rilis Truk Semi Trailer Bulan Depan

Tesla Inc disinyalir akan merilis truk semi trailer (big rig) bertenaga listrik dengan jarak tempuh 200-300 mil, bulan depan. Langkah Tesla ini menjadi tanda bahwa perusahaan mobil listrik AS tersebut akan masuk ke segmen pasar pengangkutan barang komersial.
Chief Executive Tesla Elon Musk. /Bisnis.com
Chief Executive Tesla Elon Musk. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Tesla Inc disinyalir akan merilis truk semi trailer (big rig) bertenaga listrik dengan jarak tempuh 200-300 mil, bulan depan. Langkah Tesla ini menjadi tanda bahwa perusahaan mobil listrik AS tersebut akan masuk ke segmen pasar pengangkutan barang komersial.

Chief Executive Elon Musk telah berjanji untuk merilis prototipe truk Tesla Semi bulan depan dalam upaya untuk memperluas pasar perusahaan di luar mobil-mobil mewah.

Pengusaha tersebut telah tergiur masuk industri truk bertenaga baterai bertenaga baterai yang dapat bersaing dengan mesin diesel konvensional. Truk bermesin diesel mampu menempuh jarak hingga 1.000 mil dengan satu tangki bahan bakar.

Prototipe truk listrik Tesla akan mampu berjalan dengan kecepatan rendah dibandingkan dengan truk veteran transportasi yang mampu menempuh jarak jauh, kata Scott Perry, seorang eksekutif di operator armada yang berbasis di Miami Ryder Sistem Inc.

Perry mengatakan ia bertemu dengan para pejabat Tesla sebelumnya tahun ini untuk membahas teknologi di fasilitas manufaktur pembuat mobil di Fremont, California.

Perry mengatakan bahwa usaha Tesla berpusat pada sebuah truk semi trailer listrik yang disebut sebagai "day cab" tanpa tempat tidur yang nyenyak, mampu menempuh jarak sekitar 200-300 mil dengan muatan tertentu sebelum diisi ulang.

"Saya tidak memperhitungkannya karena membutuhkan strategi jarak tempuh atau jarak yang lebih jauh. Akan tetapi tepat di luar gerbang, saya pikir di situlah mereka akan mulai," kata Perry, kepala pejabat teknologi dan kepala petugas pengadaan untuk Ryder.

Tesla menanggapi pertanyaan Reuters dengan sebuah pernyataan email yang mengatakan, "Kebijakan Tesla adalah selalu menolak berkomentar mengenai spekulasi, apakah benar atau tidak benar, karena melakukan hal itu akan konyol."

Rencana Tesla, yang bisa saja berubah, konsisten dengan yang dikatakan oleh periset baterai dengan teknologi saat ini. Tesla belum mengatakan secara terbuka seberapa jauh truk listriknya bisa melaju, berapa biayanya atau berapa muatan yang bisa diangkutnya.

Akan tetapi, Musk telah mengakui bahwa Tesla telah bertemu secara pribadi dengan pembeli potensial untuk mendiskusikan kebutuhan mereka.Reuters melaporkan awal bulan ini bahwa Tesla mengembangkan kemampuan self-driving untuk truk semi trailer (big rig) tersebut.

Musk telah menyatakan harapannya untuk memproduksi Tesla Semi dalam skala besar dalam beberapa tahun. Upaya berani itu bisa membuka pasar baru yang berpotensi menguntungkan bagi produsen mobil Palo Alto, California.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper