Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Mobil Kuartal I/2017 Naik 5%, Ini Daftar 5 Besar

Penjualan kendaraan roda empat dan lebih pada kuartal I/2017 mencapai 283.245 unit, naik sebesar 5,96% dibandingkan capaian pada periode yang sama tahun lalu yakni sebanyak 267.302 unit.
Mobil Toyota yang siap diekspor dijejer di Tanjung Priok Car Terminal, Selasa (08/03)/Bisnis-Yusran Yunus
Mobil Toyota yang siap diekspor dijejer di Tanjung Priok Car Terminal, Selasa (08/03)/Bisnis-Yusran Yunus

Bisnis.com, JAKARTA - Penjualan kendaraan roda empat dan lebih pada kuartal I/2017 mencapai 283.245 unit, naik sebesar 5,96% dibandingkan capaian pada periode yang sama tahun lalu yakni sebanyak 267.302 unit.

Adapun dari sisi bulanan, pasar mobil pada Maret lalu tercatat sebanyak 101.872 unit. Angka tersebut naik sebesar 8,26% dibandingkan capaian pada bulan yang sama tahun lalu yakni sebanyak 94.092.

Dikutip dari data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jumat (14/4/2017), komposisi lima besar masih tidak ada perubahan. Berikut posisi 5 besar penjualan mobil terbanyak pada kuartal I/2017.

1. Toyota
Merek legendaris ini masih menjadi penguasa pasar domestik dengan catatan penjualan sebanyak 107.180 unit. Raja jalanan Avanza masih menjadi tulang punggung terbesar Toyota selama kuartal I/2017 yakni sebanyak 35.713 unit.

2. Honda
Posisi kedua merupakan ranking yang menjadi rebutan dua perusahaan otomotif, yakni PT Honda Prospect Motor dan PT Astra Daihatsu Motor. Pada tiga bulan pertama tahun ini, Honda masih beruntung dengan berhasil mencatatkan penjualan total sebanyak 53.018 unit. Bahkan pada bulan lalu Honda telah berhasil menguasai pasar di empat segmen yang berbeda, yakni All New Honda Civic di kelas small sedan, HR-V 1.5L di segmen LSUV, Brio RS di segmen city car, dan andalan di kelas hatchback, Jazz.

3. Daihatsu
Dengan mengandalkan produk LCGC berkapasitas 7 penumpang serta kendaraan komersial ringan Grand Max, Daihatsu berhasil bertengger di posisi ketiga. Penjualan total merek ini pada kuartal I/2017 tercatat sebanyak 49.730 unit.

4. Mitsubishi
Setelah melakukan restrukturisasi dan mendirikan pabrik baru, Mitsubishi terus berambisi untuk menguasai pasar, baik di segmen mobil komersial maupun penumpang. Periode Januari-Maret tahun ini, penjualan Mitsubishi tercatat sebanyak 25.919 unit. Dengan rencana peluncuran mobil di segmen LMPV, perusahaan ini menargetkan posisi 3 besar di tahun-tahun mendatang.

5. Suzuki
Pada tiga bulan pertama tahun ini, penjualan PT Suzuki Indomobil Sales divisi roda empat tercatat sebanyak 24.313 unit. Angka ini berbeda sangat tipis dengan rival terdekatnya, Mitsubishi. Dari sisi produk, Suzuki juga bisa dibilang bersaing ketat dengan Mitsubishi, yakni sama-sama mengandalkan kendaraan komersial dan penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper