Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PASAR MPV HIGH END: Nissan Serena Terus Pepet Toyota Alphard

Persaingan pasar di kelas upper multipurpose vehicle (MPV) sangat ketat. Jika sebelumnya kelas ini hanya dikuasai dua produk dari Toyota, yakni Alphard dan Vellfire, kini Nissan melalui Serena mencoba mengganggu.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Persaingan pasar di kelas upper multipurpose vehicle (MPV) sangat ketat. Jika sebelumnya kelas ini hanya dikuasai dua produk dari Toyota, yakni Alphard dan Vellfire, kini Nissan melalui Serena mencoba mengganggu.

Bahkan, dari rekaman data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dirilis Jumat (14/4/2017), Serena terus menempel Aphard.

Selama tiga bulan pertama tahun ini, penjualan Alphard tercatat sebanyak 581 unit. Adapun Serena, berhasil menorehkan penjualan sebanyak 518 unit. Sementara itu Vellfire hanya berhasil terjual 180 unit.

Secara bulanan, Alphard pada Maret lalu berhasil membukukan penjualan sebanyak 154 unit. Sedangkan Serena, berhasil terjual sebanyak 256 unit. Data ini menunjukkan persaingan antara PT Toyota Astra Motor dan PT Nissan Motor Indonesia untuk menguasai MPV kelas atas cukup sengit.

Sebenarnya, tidak hanya dua merek itu yang bermain di kelas ini. Merek lain itu adalah Mitsubishi Motors, PT Hyundai Mobil Indonesia, PT General Motors Indonesia, Mazda Motors, dan PT Honda Prospect Motor.

Hanya saja, penjualan merek-merek itu kurang menggembirakan. Mitsubishi Delica hanya terjual sebanyak 63 unit pada kuartal I/2017, Hyundai H-1 sebanyak 59 unit, Chevrolet Orlando 55 unit, Mazda Biante 0 unit, dan Honda Odyyssey 44 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper