Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daihatsu Incar Pangsa Minimal 16%

PT Astra Daihatsu Motor atau ADM mengungkapkan target pasar pada tahun ini sekadar mempertahankan pangsa yang direngkuh sepanjang 2016.
/Ilustrasi
/Ilustrasi
Bisnis.com, JAKARTA- PT Astra Daihatsu Motor atau ADM mengungkapkan target pasar pada tahun ini sekadar mempertahankan pangsa  yang direngkuh sepanjang 2016.

Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra mengungkapkan target konservatif itu merupakan pijakan awal seiring pertumbuhan pasar yang belum signifikan. 
Menurutnya, dengan tingkat pertumbuhan pasar domestik yang dikemas pada tahun lalu sebesar 4%, maka periode tahun inipun tak akan jauh berbeda.

“Belum ada pemicu pasar yang signifikan, sehingga kami pun mematok target tidak muluk-muluk,” katanya kepada Bisnis.com,  kemarin (8/1/2017).

Selain itu, target itupun buntut dari strategi ADM yang tak agresif pada tahun ini. “Kami belum ada produk baru,” ungkap Amelia.

Karena itu, pada 2017, ADM membidik target pasar yang sejalan dengan capaian tahun lalu. Besaran pangsa pasar itu mencapai 16% dari total pasar domestik.

“Untuk peringkat penjualan terbanyak bukan soal, yang terpenting buat kami adalah capaian pangsa pasar, karena itu mengikuti dinamika industri,” tukas Amelia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) total penjualan diler Daihatsu hingga November tahun lalu mencapai 173.221 unit. Volume itu meningkat 12% dibandingkan periode sama pada 2015 yang sebanyak 154.867 unit.

Sejauh ini, terjadi kenaikan pangsa pasar yang ditorehkan anak usaha Grup Astra tersebut. Selama Januari sampai November 2016, total pangsa pasar Daihatsu mencapai 17,7% dari volume penjualan domestik yang sebanyak 974.972 unit.

Padahal, selama periode sama 2015, caplokan pasar Daihatsu masih sebatas 16,4% dari total pasar roda empat domestik yang mencapai 940.027 unit. Alhasil, kenaikan pangsa pasar yang lebih dari 1% itu dianggap melampaui target awal tahun.
Pertumbuhan penjualan Daihatsu itu seiring dengan geliat pasar domestik. Total capaian pasar roda empat nasional hingga November tahun lalu tumbuh 3,7%.
 
Dengan begitu, Daihatsu pun menghuni lingkaran tiga besar penjualan terbanyak bersama Toyota dan Honda. Sayangnya, berdasarkan data mutakhir Gaikindo itu, peringkat Daihatsu berhasil direbut Honda dengan capaian penjualan sebanyak 185.438 unit selama Januari-November.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper