KENDARAAN MILITER: Tata Motors Sasar Pasar Indonesia

Tata Motors Limited (Ltd) menyasar pasar kendaraan militer di Indonesia dengan memperkenalkan tiga produk andalannya
Lingga Sukatma Wiangga | 02 November 2016 13:49 WIB
Tata Motors - livemint.com

Bisnis.com, JAKARTA—Tata Motors Limited (Ltd) menyasar pasar kendaraan militer di Indonesia dengan memperkenalkan tiga produk andalannya.

Hal itu dilakukan perusahaan mobil terbesar di India tersebut, dengan berpartisipasi pada ajang Indo Defence 2016 di JI-EXPO Kemayoran, Jakarta Pusat dari 2 hingga 5 November 2016.

"Tujuannya, memperkenalkan produk dan kapabilitas kendaraan militer Tata Motors sekaligus merupakan solusi kendaraan militer dan pertahanan yang sangat cocok untuk memperkuat pertahanan Indonesia,” ujar Biswadev Sengupta, Presiden Direktur Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) selaku pemegang merek Tata Motors di Indonesia dalam keterangan resminya, Rabu (2/11).

Menurutnya, Tata Motors yang juga dikenal sebagai salah satu dari sepuluh besar produsen kendaraan komersial global telah memasarkan kendaraan untuk pertahan dan militer sejak tahun 1958. Lebih dari 125.000 unit kendaraan pertahanan dan militer Tata Motors telah terjual di berbagai negara.

Dia pun mengklaim Tata Motors telah dipercaya pasukan pertahanan Internasional di beberapa negara dan dipercaya menjadi mitra PBB di berbagai daerah konflik. Selain itu, Tata Motors pun pernah memasok lebih dari 500 kendaraan militer untuk kontingen PBB di Afrika.

Biswadev berharap, kendaraan pertahanan dan militer Tata Motors dapat diterima oleh Indonesia dan menjadi salah satu Alutsista Indonesia.

"Di Indonesia, sejak 2014 kendaraan pertahanan dan militer Tata Motors sudah digunakan oleh Korps Brimob sebagai kendaraan SAR. Pada event ini kami menampilkan 3 kendaraan militer yaitu truk Tata LPTA 715 4x4 GS, Tata LPTA 2038  6x6 dan Tata Kestrel 8x8," ujar Biswadev.

Dari spesifikasi, LPTA 715 4x4 adalah kendaraan truk 2.5T dengan ground clearance yang tinggi, komponen yang komprehensif untuk aplikasi tugas berat. Kendaraan tersebut dibekali dengan cross country dan heavy terrain chassis dan structure.

Truk ini dapat digunakan untuk mengangkut pasukan, ambulan, kendaraan lapis baja ringan, pos komando, kendaraan pembuangan bom dan masih banyak lagi. Tata Motors sudah memasok lebih dari 40.000 unit kendaraan ini untuk melayani pasukan India dan angkatan bersenjata di beberapa negara di dunia.

Sementara itu, Tata LPTA 2038 6x6 merupakan kendaraan yang memiliki mobilitas tinggi dengan kabin militer dan fitur yang mumpuni untuk mendukung operasi tempur. Fitur standar kendaraan ini meliputi sistem pengereman (ABS), Winch, Central Tyre Inflation system (CTIS), ban untuk cross country, serta as roda  untuk mendukung medan dan pekerjaan berat. Mobil ini dibekali mesin bertenaga 380 hp.

Kendaraan ini pun dapat digunakan untuk beberapa aplikasi seperti pembawa amunisi dengan material handling crane, membawa pasukan, kendaraan crash fire, mengontrol kerusuhan, membawa rudal, membawa 5 tentara dan cocok untuk berbagai kondisi jalan. 

Adapun Tata Kestrel 8x8 adalah varian kendaraan amfibi yang memiliki 8 roda untuk  Armoured Personnel Carrier (APC). Mobil tersebut dilengkapi mesin bertenaga 600 Hp, transmisi otomatis, kemampuan meredam ledakan dan serangan rudal balistik.

Kendaraan tersebut dilengkapi modul untuk turret system dan aplikasi sesuai kebutuhan pelanggan.

Tag : otomotif
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top