Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SUZUKI INDOMOBIL: Dongkrak Penjualan, Ekspansi ke Jateng

Untuk meningkatkan penjualan, PT Suzuki Indomobil Sales membuka satu diler di Jawa Tengah

Bisnis.com, JAKARTA — Untuk meningkatkan penjualan, PT Suzuki Inomobil Sales membuka satu diler di Jawa Tengah.

Davy J. Tuilan, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengakui penambahan diler tersebut memang menjadi salah satu strategi yang ditempuh Suzuki tahun ini untuk mendongkrak angka penjualan. Jika pada 2014 lalu, penjualan mobil Suzuki secara ritel disokong oleh 263 diler, rencananya pada 2015 diler akan ditambah mencapai sembilan unit.

Sebelumnya, pada kuartal satu tahun ini Suzuki telah membuka enam diler baru. Satu diler di Tangerang, dua diler di kawasan Kalimantan yaitu di Banjarmasin dan Sampit, satu diler di Bireun, dan dua diler di pulau Bali yaitu di Tabanan dan Gianyar.

Untuk tahun ini, tinggal dua unit diler lagi yang belum diresmikan Suzuki. Namun, lokasi pastinya  belum bisa diinformasikan SIS.

Diler baru di Purwokerto tersebut dilengkapi dengan fasilitas penjualan, perawatan serta suku cadang. Diler baru tersebut dikelola oleh PT Sumber Baru Aneka Motor. Mitra bisnis SIS tersebut selama ini diklaim memiliki tren penjualan yang positif setidaknya dalam kurun waktu empat tahun terakhir.

Pada 2011, penjualannya dalam setahun sebanyak 2.666 unit sedangkan pada 2014 meningkat menjadi 4.973 unit. Diler itu berdiri di atas lahan seluas  4.125 m2 dengan luas bangunan sebesar 2.784 m2. Pada bengkel dilengkapi dengan kapasitas perawatan 8 stall.

Terdapat pula 6 unit 2-post lift,dan2 unit scissor lift. Diler ini menghadirkan pula Smart Diagnostic Tester (SDT), Suzuki Special Tools (SST), Digital Digital Battery Tester, layanan cuci dan vacuum 2 stall drive thru, spooring, balancing serta express maintenance. Sehingga total kapasitas bengkel baru ini mampu menampung lebih dari 30 unit kendaraan per hari.

“Melanjutkan perluasan jaringan layanan dan penjualan Suzuki tahun ini, diler baru tersebut ada yang memperkuat pasar dan ada pula yang ditujukan memperluas untuk menumbuhkan penjualan. Tapi intinya kami ingin mendekatkan akses ke konsumen,” katanya kepada Bisnis, Minggu (19/4).

Di sisi lain, perluasan jaringan tersebut untuk mendorong pencapaian target Suzuki yang ingin diraih tahun ini. Davy memang enggan mengatakan angka penjualan yang ingin diraih pada 2015. Menurutnya, penjualan secara kuantitas akan bersifat fluktuatif bergantung pada daya beli konsumen.

Di tataran retail sales tahun ini, pihaknya mengincar penguasaan 14%-15% pangsa pasar. Sedangkan wholesales dia enggan berkomentar karena itu pasokan ke diler. Target penguasaan pangsa pasar tersebut meningkat sedikit dari pencapaian pada 2013 dan 2014 yang mencapai 13,1% dan 13,4%.

Gaikindo menyebut, pangsa pasar ritel Suzuki pada kuartal I/2015 baru mencapai 11,9% dengan penjualan ritel 30.729 unit dari total pasar 257.830 unit. Pada kuartal I/2014 pangsa pasar penjualan ritel Suzuki mencapai 14,1% dengan jumlah unit terjual 42.823 unit dari total pasar 303.776 unit.   

Sementara itu, secara wholesales pangsa pasar Suzuki pada kuartal  pertama tahun ini mencapai 12,4%. Capaian tersebut menurun sedikit dari tahun lalu sebesar 12,9%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper