Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gaikindo Minta Pemerintah Sediakan Tenaga Teknis

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) meminta pemerintah untuk menyiapkan tenaga kerja bagian teknis guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja di dalam negeri untuk mengantisipasi adanya lonjakan investasi di sektor tersebut.n

Bisnis.com, JAKARTA -- Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) meminta pemerintah untuk menyiapkan tenaga kerja bagian teknis guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja di dalam negeri untuk mengantisipasi adanya lonjakan investasi di sektor tersebut.

Pasalnya menurut Sekjen Gaikindo Noegardjito, selama ini pemerintah terkesan pasif dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja bagian teknism, sehingga kesempatan kerja diisi oleh tenaga kerja asing.

"Selama ini kebutuhan tenaga tekni kami datangkan dari asing karena di dalam negeri belum tersedia yang berkompeten dan memiliki pengalaman. Padahal ini harusnya bisa dipenuhi oleh pemerintah," katanya, Selasa (17/3/2015).

Selain mendatangkan tenaga kerja asing, imbuhnya, biasanya pengusaha juga mengirimkan tenaga kerja Indonesia ke luar negeri dalam jangka waktu tertentu untuk menimba ilmu agar bisa diterapkan di Tanah Air.

Negara-negara yang dijadikan tujuan antara lain Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, serta negara lain yang memiliki cabang perusahaan di Indonesia.

"Selama ini kami lakukan dengan biaya dari perusahaan, tidak ada campur tangan pemerintah. Kalau pemerintah mau terlibat sangat bagus karena kami sebenarnya keberatan kalau harus menanggung sendiri," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper