Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SUZUKI Berambisi Kuasai 15% Pasar Mobil Tahun Ini

PT Suzuki Indomobil Sales berambisi menguasai 15% pasar mobil nasional tahun ini.
Tahun ini Ertiga diharapkan dapat menguasai 16%-17% pasar LMPV. /Bisnis.com
Tahun ini Ertiga diharapkan dapat menguasai 16%-17% pasar LMPV. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales berambisi menguasai 15% pasar mobil nasional tahun ini, lebih besar ketimbang penguasaan pada tahun lalu yang hanya 13,4%.

Davy J. Tuilan, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan kondisi pasar tahun ini akan sulit, karena faktor suku bunga acuan masih tinggi, situasi politik pun belum stabil, dan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat masih lemah.

"Oleh karena itu Suzuki sulit memprediksi target secara kuantitas unit. Kami akan menjaga pasar kami di kisaran 14%-15% secara ritel. Kami tidak tetapkan volume karena bergantung pergerakan pasar,” katanya kepada Bisnis.com, Rabu (4/2/2015).

Pada 2013, Suzuki hanya menguasai 13,1% pasar, dan tahun lalu meningkat menjadi 13,4%.

Merujuk data internal Suzuki, pada 2014 perusahaan mobil merek Jepang ini berhasil mencatatkan penjualan ritel 160.490 unit, lebih banyak dari capaian tahun sebelumnya 159.787 unit.

Dengan keberhasilan tersebut, Suzuki berhasil mencatatkan rata–rata penjualan 13.374 unit per bulan.

Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada 2014 penjualan mobil secara ritel dari keseluruhan merek mencapai 1,1 juta unit, turun 2% dari capaian tahun sebelumnya 1,21 juta unit.

Davy menuturkan tahun ini komposisi Suzuki tidak akan banyak berubah dari tahun lalu. Suzuki masih mengandalkan Carry di segmen pikap, Ertiga di segmen low multi purpose vehicle (LMPV), dan Karimun Wagon R di segmen mobil murah sebagai tulang punggung.

Berkaca pada 2014 penjualan Suzuki terbanyak disumbangkan segmen pikap yakniCarry 1.5 dan Mega Carry yang terjual 72.200 unit. Raihan tersebut berkontribusi 45% pada total penjualan Suzuki. Dengan hasil itu, pikap Suzuki diklaim menguasai 45,86% pangsa low pikap.

Kontributor terbanyak kedua Suzuki disumbangkan Ertiga dengan total penjualan 48.016 unit. Jumlah tersebut berkontribusi sebesar 30% dari total penjualan. Tahun ini di segmen LMPV Ertiga diharapkan dapat menguasai 16%-17% pasar.

Sedangkan Karimun Wagon R berada di tempat selanjutnya yang berkontribusi 10% dengan total penjualan 16.479 unit. Di segmen tersebut Suzuki berharap dapat meraih 15% pasar pada 2015.

Di tempat keempat APV terjual 11.285 unit, dengan  memberikan kontribusi 7%. Urutan berikutnya diikuti oleh Swift, Splash dan Grand Vitara yang masing-masing terjual 3.389 unit, 3.010 unit, dan 747 unit.

Untuk menggenjot pasar, Davy mengaku tidak ada strategi khusus. Pihaknya hanya akan menambah daya saing produk seperti penyegaran, tetapi produknya tidak dapat dikabarkan saat ini. Selain itu peningkatan kinerja diler.

Salah satunya adalah dengan menambah 10%-15 %diler tahun ini. Hingga akhir tahun lalu Suzuki sudah memiliki 265 diler. “Tapi penambahan diler fokusnya di mana saja saya belum bisa katakan. Strategi kami yang lain tidak ada yang khusus,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper