Nissan Motor Targetkan Penjualan 50.000 Unit Tahun Ini

PT Nissan Motor Indonesia lebih optimistis memandang pasar tahun ini dengan menargetkan 50.000 unit penjualan dengan menonjolkan beberapa produk unggulan dan melakukan penyegaran
Lingga Sukatma Wiangga | 07 Januari 2015 19:43 WIB
Ilustrasi - Jibi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Nissan Motor Indonesia lebih optimistis memandang pasar tahun ini, menargetkan 50.000 unit penjualan dengan menonjolkan beberapa produk unggulan dan melakukan “penyegaran”.

General Manager Marketing Strategy and Communication Division PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Budi Nur Mukmin mengungkapkan pasar mobil pada 2015 cenderung stagnan akibat pelambatan ekonomi, seperti yang diprediksi pelaku usaha lainnya.

Namun, menurutnya, NMI optimistis dapat meningkatkan penjualan hingga 50.000 unit pada 2015.

Menurut Budi untuk menggenjot penjualan pada 2015 pihaknya akan melakukan “penyegaran” hampir pada semua line up yang dipasarkanNissan saat ini. Selain itu NMI pun akan menonjolkan All New X-Trail di segmen sport utility vehicle (SUV), Navara terbaru yang akan diluncurkan tahun ini di segmen kabin ganda, serta Juke di segmen crossover.

“Pada 2015 kami optimistis pasar kami akan lebih baik. Kami menargetkan 50.000 unit penjualan. Nanti akan ada produk baru yaitu Navara, kalau X-Trail yang terbaru kan sudah. Selain itu kami akan melakukan “penyegaran” di hampir semua jenis kendaraan,” kata Budi.

Pada 2015 All New X-Trail diharapkan dapat terjual sekitar 1.000 unit per bulan dari tiga varian yaitu kapasitas dapur pacu 2.0 matic dan CVT, serta kapasitas mesin 2.5 CVT. Di segmen kabin ganda, Navara diharapkan dapat terjual 150 unit  per bulan tahun ini. Target Navara itu sekitar 15% dari total penjualan di segmen kabin ganda yang mencapai 1.000 unit per bulan.

Pada periode Januari-November 2014 Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat secara wholesales Navara terjual 325 unit. Menurut Budi pada 2014 meski Navara masuk ke dalam kategori pikap, akan tetapi pasar yang disasar adalah kalangan pehobi.

Navara banyak digunakan untuk keperluan off road. Bahkan Budi mengklaim di segmen tersebut Navara menguasai 15%-20% pangsa pasar. Tahun ini Nissan melalui Navara akan pula menyasar segmen kendaraan niaga. Pada 2015 NMI akan menghadirkan tiga varian Navara termasuk kendaraan niaga. Pada 2014 NMI hanya memasarkan dua varian Navara.

“Pasar double cabin itu ada dua. Yaitu untuk yang gemar off road, atau aktifitas adventure. Pada 2015 kami ingin pula menyasar segmen commercial vehicle. Kami sudah memiliki respon positif dari pasar yang lebih private, kenapa tidak di segmen komersial,” ucap Budi.

Target yang dicanangkan NMI tahun ini lebih besar dari capaian pada 2014. Pada periode Januari-November tahun lalu NMI membukukan 32.049 unit. Meski data penjualan pada Desember belum resmi dirilis oleh Gaikindo, Budi mengklaim di bulan terakhir pihaknya membukukan penjualan yang meningkat sekitar 5% dari November yang mencapai 1.707 unit.

Pada 2014 tiga jenis kendaraan penyumbang penjualan terbanyak bagi NMI adalah New Grand Livina di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) yang encapai 15.413 unit. Peringkat kedua adalah March di segmen city car dengan 5.815 unit penjualan. Sedangkan di peringkat ketiga adalah X-Trail dengan 3.113 unit penjualan.

Tag : otomotif
Editor : Bambang Supriyanto
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top