Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Oalah, Seribuan Pemilik Kendaraan Bermotor di Riau Menunggak Pajak

Seribuan pemilik kendaraan dan 70% di antaranya jenis sepeda motor di Riau kini tercatat telah menunggak pajak dengan beragam lama tunggakan.
Perusahaan asuransi kecelakaan itu bertanggungjawab membayarkan klaim mereka. /Bisnis.com
Perusahaan asuransi kecelakaan itu bertanggungjawab membayarkan klaim mereka. /Bisnis.com

Bisnis.com, PEKANBARU - Seribuan pemilik kendaraan dan 70% di antaranya jenis sepeda motor di Riau kini tercatat telah menunggak pajak dengan beragam lama tunggakan.

"Untuk mempermudah pembayaran pajak kendaraan tersebut maka akan dibuka Samsat online mulai 2015 sehingga pemilik pajak dimana pun berada dapat melakukan pembayaran dengan mudah," kata Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Riau, Kun Wahyu Wardana dalam keterangannya di Pekanbaru, Minggu (7/12/2014).

Menurut dia, Jasa Raharja turut bertanggungjawab atas tunggakan pajak kendaraan yang tidak dibayarkan karena dalam setiap pembayaran pajak kendaraan, terdapat dana bagian untuk Jasa Raharja.

Ia mengatakan untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat, maka Jasa Raharja harus pro aktif terutama untuk pembayaran klaim terhadap kecelakaan lalu lintas.

"Jasa Raharja Riau menggelar rapat koordinasi dengan Samsat, dan Polda Riau, untuk mencarikan solusi terkait adanya seribuan pajak kendaraan yang belum dibayarkan di daerah ini," katanya.

Sebelumnya, telah digelar di Kantor PT Jasa Raharja (Persero) Riau ini, juga diikuti Kepala Dispenda Riau, Joni Irwan dan Wakadirlantas Polda Riau, Budi Indra.

Menurut Kun, dari seribuan pemilik kendaraan yang belum membayarkan pajak tersebut, sekitar 70% merupakan sepeda motor. Karena itu pihaknya ingin memberikan kepastian perlindungan kepada masyarakat bila ada kecelakaan lalu lintas maka perusahaan asuransi kecelakaan ini bertanggungjawab membayarkan klaim mereka.

"Akan tetapi dengan masih banyaknya masyarakat yang belum membayarkan pajak kendaraan maka ini turut menjadi perhatian, sehingga mereka dapat segera melunasi kewajibannya dalam pembayaran pajak kendaraan," katanya.

Selain itu Jasa Raharja terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang keberadaan Jasa Raharja di antaranya pemeriksaan kesehatan gratis pada car free day.

Pelayanan SIM keliling dan Samsat Keliling sekaligus mendorong peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya membayarkan pajak kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper