Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rahmat Samulo: Naik Turun Penjualan Setiap Bulan Itu Biasa

Sejalan dengan penguasaan sebesar 36,8% pasar otomotif nasional per Februari 2014, Toyota yang dibesut PT Toyota Astra Motor (TAM) turut mendominasi segmen MPV. Khusus untuk low MPV (LMPV) Toyota yakin pangsa pasarnya tak kurang dari 50%, sedangkan medium MPV bisa melampaui 60%.
Direktur Marketing  PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo (tengah)/Bisnis.com
Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo (tengah)/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA  - Sejalan dengan penguasaan 36,8% pasar otomotif nasional per Februari 2014, Toyota yang dibesut PT Toyota Astra Motor (TAM) turut mendominasi segmen MPV (multi purpose vehicle).

Khusus untuk low MPV (LMPV) Toyota yakin pangsa pasarnya tak kurang dari 50%, sedangkan medium MPV bisa melampaui 60%.

Direktur Pemasaran TAM Rahmat Samulo berpendapat penjualan baik wholesales maupun retail sales Maret 2014 akan relatif sama dengan perolehan bulan lalu. Tren ini berlaku pula untuk semua segmen MPV, baik low, medium, maupun upper.

"Penjualan Januari ke Februari naik, tapi Februari ke Maret kemungkinan hampir sama. Segmen MPV juga hampir sama dengan Februari," katanya kepada Bisnis, Rabu (5/3/2014).

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat pada Januari 2014, total penjualan LMPV dari pabrikan ke diler (wholesales) 30.762 unit dengan 16.312 di antaranya Toyota Avanza. Dari penjualan medium MPV 8.627 unit, Kijang Innova menyumbang 5.384 unit.

Sayangnya, Gaikindo belum merinci perolehan wholesales Februari 2014 untuk setiap segmen. Baru diketahui angka keseluruhan penjualan yang tetap menempatkan Toyota di posisi teratas dengan pertumbuhan 14,14% menjadi 40.961 unit.

"Perubahan penjualan setiap bulan itu hal biasa, karena ini tergantung pergerakan pasar otomotif secara umum. Tapi, khususnya LMPV Toyota Avanza yakin tetap di kisaran 16.000 unit," ujar Rahmat.

Kendati penjualan bulanan fluktuatif tetapi TAM yakin secara keseluruhan MPV tetap mampu berkontribusi sedikitnya 58% terhadap total penjualan sepanjang tahun. Kisaran ini dengan asumsi total sales stagnan di level 430.000-an seperti tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper