Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Frost & Sullivan: LCGC Bakal Dongkrak Penjualan Mobil Hingga 6,5%

Lembaga riset global Frost & Sullivan meyakini kuantitas penjualan mobil sepanjang tahun ini bakal tumbuh sedikitnya 6,5% secara year-on-year.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga riset global Frost & Sullivan meyakini kuantitas penjualan mobil sepanjang tahun ini bakal tumbuh sedikitnya 6,5% secara year-on-year.

Penjualan kendaraan bermotor roda 4 atau lebih di Indonesia diramalkan akan mencapai 1,31 juta unit. Pendorong utama adalah kehadiran low cost and green car (LCGC) yang diperkirakan bakal tumbuh lebih dari 100% menjadi 125.000 unit.

Vice President, Automotive & Transportation Practice Asia Pasifik Frost & Sullivan Vivek Vaidya mengakui banyak tantangan yang dihadapi industri otomotif sepanjang 2014.

“Banyak faktor negatif yang bisa memperlambat pertumbuhan penjualan, tapi hal positif [kami yakini] akan bepengaruh lebih kuat,” katanya, Rabu (5/2/2014).

Sejumlah hal yang perlu diwaspadai produsen otomotif bersifat positif, tetapi ada juga yang sebaliknya. Beberapa faktor yang berpeluang menekan penjualan yaitu gejolak ekonomi makro, penaikan harga BBM subsidi, serta peningkatan pajak kendaraan.

Sementara itu, perhelatan pemilu dan kehadiran LCGC yang memasuki fase penjualan utuh selama 12 bulan dipercaya lebih berpengaruh. Secara umum, pertumbuhan volume penjualan tak hanya tertopang dari mobil penumpang melainkan pula kendaraan komersil.

“Kendaraan komersil akan tumbuh 2,7% menjadi 360.000 unit. Sementara itu, mobil penumpang bakal meningkat 8% menjadi kisaran 950.000 unit,” ujar Vaidya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper