Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebaran Bakal Picu Permintaan Mobil

Bisnis.com, JAKARTA Penjualan mobil pada Juli 2013 diprediksi bakal naik didorong oleh besarnya permintaan konsumen sebelum Lebaran.

Bisnis.com, JAKARTA Penjualan mobil pada Juli 2013 diprediksi bakal naik didorong oleh besarnya permintaan konsumen sebelum Lebaran.

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra menerangkan penjualan mobil pada Juli 2013 masih diprediksi mengalami kenaikan. Selain akibat permintaan jelang Lebaran, hadirnya varian baru masih mendorong tingginya penjualan.

“Apalagi setiap produk mobil baru dari masing-masing ATPM dilengkapi fitur yang memberikan kenyamanan dan bisa memicu penjualan,” ujarnya saat dihubungi, Rabu (24/7/2013).

Dia menerangkan apabila pada Juni pangsa pasar tercatat 102.682 unit, Juli bisa diprediksi pangsa pasar menjadi 108.000. Dengan pangsa pasar sekitar 108.000, bisa diprediksi penjualan mobil meningkat dari Juni sebesar 104.264 unit ke kisaran 110.000 unit pada Juli.

Dari sisi varian, ungkapnya, penjualan terbesar masih tetap disumbang oleh penjualan mobil pada segmen low multi purpose vehicle (LMPV) dan multi purpose vehicle (MPV). Segmen ini bahkan bisa menyumbang pertumbuhan penjualan pada juli sebanyak 37 %.

Sementara itu, khusus untuk produk Daihatsu, Amelia menerangkan penjualan terbesar masih disumbang oleh MPV andalannya yakni Daihatsu Xenia. Bahkan bisa diprediksi menyumbang penjualan 45% dari produk Daihatsu lainnya.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pertumbuhan penjualan mobil pada Juni 2013 mencapai level tertinggi dengan mencatatkan penjualan 104.264 unit atau naik 4,71% dibandingkan dengan Mei sebanyak 99.568 unit.

Raksasa otomotif  Indonesia, Toyota, pada  Juni mencatatkan  penjualan terbanyak dari pabrikan ke dealer  (wholesales) sebanyak 35.127 unit. Meskipun mengalami kenaikan penjualan pada Juni, tetapi jika dibandingkan dengan Mei mengalami penurunan 3,18%, dimana pada Mei tercatat mencapai 36.282 unit. Namun, Toyota tetap merajai penjualan sebanyak 215.044 unit sepanjang semester 1/2013. 

Pada posisi kedua penjualan Juni dicatatkan oleh ATPM Suzuki dengan total penjualan mencapai 15.578 unit, disusul Daihatsu yang mencatatkan penjualan 14.882 unit, dan Mitsubishi sebanyak 13.204 unit.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo menerangkan penjualan pada Juli diperkirakan masih sama dengan total penjualan Juni. Menurutnya, salah satu alasan disebabkan oleh tingginya suplai mobil ke dealer lebih besar ketimbang permintaan dari konsumen. “Kami berharap penjualan bisa terus meningkat pada Juli,” ungkapnya.

Rahmat menerangkan penjualan bisa juga terus bertambah sejalan dengan fitur kelengkapan keamanan pada beberapa produk MPV yang selama ini menyumbang penjualan terbesar dari masing-masing produk ATPM.

MASIH OPTIMISTIS

Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales Endro Nugroho berharap penjualan Suzuki pada Juli bisa terus meningkat seiring dengan permintaan konsumen yang tinggi sepanjang semester I/2013.

Dia mengatakan penjualan terbanyak masih disumbang oleh produk Suzuki Ertiga  yang menjadi incaran banyak konsumen selama ini. Selain Ertiga, penjualan APV dan pick up masih berpotensi besar terhadap catatan penjualan Juli nanti.

Dari data Gaikindo, di segmen low MPV, penjualan Suzuki Ertiga semester I/2013 bahkan berhasil menyumbang sebanyak 32.447 unit berada di bawah dua penguasa otomotif yakni Toyota dan Daihatsu. “Jadi kita tetap optimis adanya peningkatan penjualan di bulan juli apalagi jelang lebaran,” ungkapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper