Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Porsche Uji Prototipe Secara Virtual di Nürburgring

Setelah Porsche AG Supervisory Board menyetujui produksi seri Taycan Cross Turismo pada 18 Oktober, proses pengembangan mobil ini langsung dimulai. Cross Turismo akan menjadi kendaraan listrik kedua Porsche setelah Taycan, yang dijadwalkan akan diluncurkan pada akhir 2019.
Uji prototipe secara virtual Porsche. /Porsche
Uji prototipe secara virtual Porsche. /Porsche

Bisnis.com, STUTTGART - Setelah Porsche AG Supervisory Board menyetujui produksi seri Taycan Cross Turismo pada 18 Oktober, proses pengembangan mobil ini langsung dimulai. Cross Turismo akan menjadi kendaraan listrik kedua Porsche setelah Taycan, yang dijadwalkan akan diluncurkan pada akhir 2019.

Insinyur Porsche AG menggunakan metode pengembangan digital paling canggih, yakni menggunakan sesuatu yang dikenal sebagai prototipe virtual. Model-model ini memastikan bahwa sejumlah sistem dan komponen dapat diuji dalam lingkungan virtual pada tahap awal dalam proses.

Tes ekstensif juga dapat memeriksa komponen-komponen dalam hubungannya dengan sistem lain, bahkan sebelum prototipe yang sebenarnya dibangun. Dampaknya, proses pengembangan untuk Taycan Cross Turismo baru akan lebih cepat dan lebih efisien. Prototipe virtual telah menyelesaikan lebih dari 10 juta kilometer digital secara total.

Digitalisasi di bidang pengembangan kendaraan membuka peluang baru bagi para insinyur di Porsche. Saat ini, komputer digunakan untuk mendesain bodi, drive, sasis dan elektronik kendaraan baru dan mensimulasikan operasi mereka.

Prototipe digital ini digunakan untuk memverifikasi secara virtual sifat-sifat kendaraan secara keseluruhan. Misalnya, selama proses pengembangan saat ini untuk kendaraan listrik pertama Porsche, metode yang dikenal sebagai simulasi jaringan sedang digunakan, memungkinkan para insinyur untuk memeriksa faktor-faktor seperti koordinasi interdisipliner sistem manajemen energi dalam mobil listrik.

Ini memungkinkan insinyur desain untuk menggunakan simulator untuk mengendarai Taycan di sekitar jalur Nordschleife di Nürburgring sebanyak tujuh bulan sebelum ketersediaan prototipe kehidupan nyata. Akibatnya, mereka telah mampu menguji dan menilai kinerja trek tanpa perlu kendaraan yang sebenarnya.

Selama proses ini, mereka berfokus terutama pada manajemen energi listrik, yang memainkan peran penting dalam mencapai waktu lintasan sub-8-menit di Nordschleife. Oleh karena itu, kendaraan sekarang dapat mencapai tingkat kematangan yang tinggi sebelum memulai produksi, yang pada gilirannya meningkatkan kualitas produk akhir.

Komponen virtual bertindak dan merespon dengan cara yang sama seperti komponen yang sebenarnya, dan menawarkan hasil yang akurat dalam hal pengembangan.

Porsche juga memanfaatkan simulasi hardware-in-the-loop, yang memungkinkan bagian kendaraan virtual untuk diuji bersama-sama dengan yang asli. Upaya ini memungkinkan kinerja komponen dianalisis dan dioptimalkan secara cermat pada tahap awal pengembangan.

Menggunakan prototipe digital untuk memverifikasi kinerja secara virtual berarti bahwa penggunaan prototipe kehidupan nyata yang sangat mahal dapat dioptimalkan. Ketika mengembangkan model Sport Turismo di jalur Panamera, misalnya, Porsche tidak lagi diperlukan untuk membangun kendaraan ‘tahap konstruksi’ untuk keperluan verifikasi.

"Digitalisasi memberi kami kesempatan untuk menjadi lebih dinamis dan sporty," kata Joachim Deisinger, Kepala Kendaraan Virtual di Porsche, dalam keterangan pers Posche, Kamis (6/12/2018).

Robert Meier, Manajer Proyek Kendaraan Lengkap Taycan, menambahkan bahwa selain mampu menyimulasikan perakitan dan fungsi individual, Porsche juga dapat menyempurnakan kendaraan secara keseluruhan pada tahap yang jauh lebih awal dan dengan cara yang lebih tepat. Satu hal yang tetap jelas: setiap Porsche mengandung jiwa mobil sport, bahkan jika itu memiliki penggerak elektrik dan dikembangkan secara digital.

"Fungsi sesuai permintaan dan over the air updates," ujarnya.

Fungsi sesuai permintaan adalah visi berdasarkan digitalisasi yang sedang berlangsung dari proses pengembangan dan kendaraan itu sendiri. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk membeli atau mengkalibrasi fungsi-fungsi tertentu setelah mereka memperoleh kendaraan mereka, sehingga membuat Porsche mereka lebih unik daripada sebelumnya.

Pembeli kendaraan bekas juga mendapat manfaat karena mereka dapat retrofit fungsi yang tidak diminati pembeli asli. Terlebih lagi, elemen seperti navigasi dan sistem infotainment dapat diperbarui 'di udara' tanpa perlu memesan perjalanan ke bengkel.

Mobilitas listrik dengan jiwa mobil sport Porsche

Porsche akan menginvestasikan lebih dari 6 miliar euro dalam mobilitas listrik pada 2022. Ini berarti perusahaan ini memiliki lebih dari dua kali lipat pengeluaran yang direncanakan sebelumnya (sekitar 3 miliar euro) untuk segmen bisnis ini.

Dari tambahan 3 miliar euro, sekitar 500 juta euro akan digunakan untuk mengembangkan model dan versi dalam kisaran Taycan.

Porsche akan menginvestasikan 1 miliar euro dalam elektrifikasi dan hibridisasi berbagai produk yang ada, ratusan juta ke perluasan situsnya, dan sekitar 700 juta euro dalam teknologi baru, pengisian infrastruktur dan mobilitas cerdas.

Untuk Porsche, digitalisasi bukanlah tujuan itu sendiri. Selama ada peluang untuk meningkatkan fungsi pelanggan atau menyederhanakan proses, perusahaan akan memanfaatkan kemungkinan yang ditawarkan oleh transformasi digital.

Tujuannya adalah untuk menjadikan Porsche sebagai penyedia solusi mobilitas digital terdepan di segmen mobil premium. Dalam jangka menengah, Porsche ingin menaikkan pendapatannya double-digit percentage melalui layanan digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper